Inilah Manfaat Buah Duwet / Jamblang Bagi Kesehatan

Intip Manfaat - hai sobat blog Intip Manfaat, ternyata buah duwet atau biasa orang sunda menyebutnya dengan buah jamblang mempunyai banyak manfaat dan khasiat loh untuk kesehatan tubuh anda. Salah satunya dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung koroner. Ini dikarenakan buah duwet atau buah jamblang mengandung antioksidan yang sangat tinggi, tapi ini berlaku bagi buahnya yang sudah matang. Selain itu juga terdapat juga zat gizi lainnya seperti serat, vitamin dan beragam mineral yang tentunya di butuhkan oleh tubuh.


Duwet / jamblang mempunyai nama latin/ ilmiah "Syzigium cumin", mempunyai bentuk buah lonjong yang berukuran sekitar 2-3 cm. Buahnya berwarna hijau ketika masih muda, dan berubah warna menjadi ungu kehitaman ketika sudah matang. Daging buahnya berwarna putih, rasa buahnya ada yang manis maupun masam. Buah duwet juga memiliki biji berwarna putih berbentuk seperti kapsul.

khasiat manfaat buah duwet jamblang untuk kesehatan

Lalu apa saja sih manfaat yang bisa didapat jika anda mengkonsumsi buah duwet ? daripada anda penasaran, jawaban lengkapnya ada dibawah ini


1. Penyembuhan Luka Diabetes

Ini yang jarang anda ketahui, ternyata buah duwet ampuh dalam kendalikan luka diabetes karena dalam bijinya terkandung glukosida phytomelin. Zat inilah yang dapat mengurangi kerapuhan pembuluh darah kapiler penyebab luka diabetes yang lama sembuhnya. Selain itu terdapat juga astringent yang telah lama dipercaya dapat membantu menyembuhkan luka diabetes karena sifat astringent yang dapat menciutkan kulit.

Untuk mengatasi penyakit diabetes tersebut, anda tinggal siapkan 15 butir biji duwet kemudian tumbuk halus dan direbus. Rebusan itu dibagi jadi tiga bagian untuk satu hari. Ulangi setiap hari sampai badan terasa segar. Kulit pohon duwet bisa digunakan pula untuk diabetes. Sebanyak 250 gram kulit duwet basah dipotong-potong, lalu direbus dengan 3 gelas air hingga jadi dua gelas. Saring airnya lalu diminum sedikit-sedikit sampai habis secara rutin dalam satu hari.


2. Mengobati Diare

Buah duwet juga dapat digunakan untuk mengobati diare, caranya cukup siapkan kulit dahan pohon dawer yang telah kering sekitar 1 jari. Rebus bahan tersebut menggunakan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa tinggal 1 gelas. Setelah beres saring air rebusan dan biarkan sampai dingin untuk langsung minum.


3. Mengobati Batuk Kronis dan Asma

Untuk pengobatan penyakit tersebut caranya adalah sebagai berikut :
1. Dengan mengkonsumsi buanya secara rutin 3 kali sehari
2. Sediakan buah jamblang kering sebanyak 15gram. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air sampai seluruh buah terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya dan makan buahnya sekaligus. Sebaiknya lakukan tiga kali sehari.

4. Mengatasi Sariawan

Jika anda mengalamai sariawan lakukanlah pengobatan dengan cara merebus kulit kayu atau daun duwet secukupnya. Setelah dingin, gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan rutin 3-4 kali dalam sehari.


Demikianlah artikel tentang manfaat buah duwet untuk kesehatan tubuh mupun mengobati penyakit tertentu yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini. Semoga informasinya dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda.

0 Response to "Inilah Manfaat Buah Duwet / Jamblang Bagi Kesehatan"