12+ Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Khasiatnya Tidak Terduga

Intip Manfaat - Rebung atau orang sunda menyebutnya iwung adalah bakal pohon bambu yang biasa dijadikan sebagai bahan makanan, contoh hasil olahan bahan rebung yang paling terkenal didaerah saya yaitu urab iwung yaitu irisan rebung muda yang dimasak bersama parutan kelapa dan santan. Selain dibuat urab, rebung juga sangat nikmat dijadikan sayur, tumis, maupun lalapan biasa yang dipadukan sambal. Adapun jenis rebung yang paling enak serta dapat diolah menjadi makanan yaitu dari jenis pohon bambu bitung (awi bitung : dalam bahasa sunda), selain rebung jenis bambu tersebut, biasanya tidak enak dan rasanya agak pahit. Tapi oke kita simpan dulu mengenai topik kulinernya, karena masih ada manfaat lain yang akan dibahas dalan postingan kali ini.

khasiat manfaat rebung tunas bambu bagi kesehatan ibu hamil menyusui diabetes batu ginjal hipertensi stroke maag


Tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, ternyata rebung juga memiliki manfaat serta khasiat bagi kesehatan. Ini karena dalam rebung terkandung sejumlah zat penting yang dapat menunjang kesehatan, adapun kandungannya antara lain vitamin A, vitamin B6, vitamin E, karbohidrat, protein, serat, antioksidan, kalium, serta 12 asam amino. Dari beberapa kandungan tersebut secara langsung atau tidak langsung memiliki manfaat sebagai berikut.

Khasiat Dan Manfaat Rebung Bagi Kesehatan


Mengobati Peradangan

Karena sifatnya yang anti-inflamasi rebung memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh yang diakibatkan oleh virus, bakteri atau sebagainya. Caranya dengan mengkonsumsi rebung secara teratur dan tidak berlebihan juga tentunya (normal).

Mencegah kanker

Manfaat rebung juga bisa untuk mencegah kanker karena adanya kandungan Fitonutrien didalamnya yang berperan sebagai antioksidan. Nah antioksidan inilah yang dapat mencegah radikal bebas penyebab stres oksidatif yang membuat kerusakan DNA biang keladi kanker.

Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat rebung untuk kolesterol ini telah dilakukan penelitian oleh Park dan John disebuah sekolah tinggi bernama Washington State University, dan hasilnya menunjukan benar. Selain memberikan dampak positif bagi kolesterol karena dapat menurunkan lemak buruk jika dikonsumsi teratur , rebung juga berperan penting bagi kesehatan lipid serta fungsi usus. Rebung juga kaya akan serat sehingga sangat baik untuk pencernaan


Menjaga kesehatan jantung

Rebung juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, kandungan pitosterol serta fitonutrien lah yang berperan aktif dalam membantu melarutkan kolesterol berbahaya yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi rebung secara normal dan teratur kadar kolesterol dari arteri akan sedikit terkontrol peredaran darah keseluruh tubuh pun akan lancar, selain itu Rebung juga mengandung kalium yang berguna untuk menjaga detak normal jantung. 


Menurunkan berat badan

Bagi anda yang ingin menurunkan badan, mungkin mengkonsumsi rebung bisa jadi pilihan. Pasalnya setelah anda mengkonsumsi rebung dalam jumlah yang cukup, maka tidak akan mudah merasa lapar. Ini karena rebung memiliki serat yang cukup tinggi namun memiliki kalori, karbohidrat, gula, serta lemak yang sangat rendah. Sangat cocok juga bagi anda yang sedang menjalankan program diet

 

Baik untuk pencernaan

Seperti yang telah dibahas diatas, rebung sangat tinggi akan serat yang bermanfaat juga untuk menjaga sistem pencernaan supaya lancar. 


Mengatasi gangguan pernafasan

Rebung memiliki sifat anti inflamasi yang dipercaya dapat membantu meringankan gangguan pernapasan terutama yang terjadi pada saluran sistem pernapasan bagian atas.


Penghilang racun dalam tubuh

Dalam dunia pengobatan alami khususnya india kuno, rebung sudah sejak lama digunakan sebagai bahan yang digunakan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh terutama racun yang diakibatkan oleh gigitan binatang berbisa. Namun tentu saja bukan rebung mentah, tapi yang sudah diekstrak dengan komposisi bahan yang pas.


Mencegah Diabetes

Manfaat rebung juga dapat mencegah diabetes, lagi – lagi ini karena serat tinggi yang berperan didalamnya. Dimana serat ini dapat menunda penyerapan gula ke dalam darah sehingga otomatis tingkat gula darah setelah kita makan pun akan ikut terjaga. Mengkonsumsi rebung pun sangat dianjurkan bagi mereka yang telah menderita diabetes.


Mengurangi Peradangan pada Infeksi Saluran kencing

Sifatnya yang anti-inflamasi dan kandungan antioksidan didalamnya menjadikan rebung dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi peradang pada infeksi saluran kencing. 


Sumber vitamin E untuk Kulit

Vitamin E adalah salah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh khususnya kulit, kandungan vitamin E dalam rebung juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. 



Baik Untuk Tulang

Bukan hanya susu yang mengandung kalsium, rebung pun mengandung kalsium didalamnya yang fungsinya sama yaitu untuk menjaga kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis.




Nah itulah beberapa manfaat dan khasiat rebung alias sibatang bambu muda bagi kesehatan. Akhir kata semoga informasi bermanfaat

0 Response to "12+ Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Khasiatnya Tidak Terduga"