Manfaat Tanaman Jotang Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Intip Manfaat – Jotang atau ada juga yang menyebutnya legetan dan getang adalah tanaman yang masih masuk kedalam jenis tumbuhan liar dimana tidak dibudidayakan dan banyak tumbuh liar di lingkungan tempat tinggal kita seperti  pinggir jalan, tebing – tebing saluran air, kebun, pesawahan, atau ladang yang memiliki tanah lembab. Memang jika melihat sekilas tanaman ini memang tidak berguna, lain halnya jika dilihat dari bidang kesehatan, tanaman jotang ternyata menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan, salah satu khasiat didalamnya yaitu bisa digunakan sebagai obat sariawan dan sakit gigi. Bagian yang digunakan sebagai obat yaitu bunga dan daun. Bagi anda yang masih bingung tanaman jotang itu seperti apa ? mari kita mengenal sekilas ciri – ciri tanaman jotang tersebut untuk sedikit menambah pengetahuan.

Jotang memiliki nama latin “spilanthes iabadicensis a. h. moore” memiliki daun berbentuk lonjong yang menyempit kearah pangkalnya, bergerigi datar dikedua sisinya dan letak daunnya saling berhadapan. Bunga jotang berukuran kecil, berjumlah banyak dan berwarna kuning. Buahnya sendiri memiliki bentuk jorong berbelah dan berwarna hitam, didalamnya terdapat biji yang jumlahnya sangat banyak. Tanaman jotang memiliki banyak cabang, tumbuhnya tegak atau merayap dengan akar – akarnya yang keluar dari ruas batang. Jika kita mematahkan batangnya maka akan tercium aroma wangi, itulah tanaman jotang. Kadangkala kita sering melihat tanaman ini namun justru tidak tahu namanya. Bagi anda orang pedesaan sudah tentu tahu tanaman jotang ini karena dibeberapa daerah  seringkali di konsumsi sebagai lalapan teman sambal saat makan. Cara budidaya tanaman jotang sangat mudah yakni dengan penyemaian biji.

Manfaat Tanaman Jotang Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Manfaat jotang untuk kesehatan sangat erat kaitannya dengan kandungan zat menguntungkan didalamnya. Adapun kandungan tanaman jotang antara lain protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat dari tanaman jotang yang berguna bagi kesehatan kita semua

Manfaat Tanaman Jotang Untuk Kesehatan


Obat sariawan
Cara mengolah jotang untuk obat sariawan yaitu dengan merebus 1 genggam daun jotang atau bunganya menggunan 250 ml air. Biarkan mendidih hingga airnya menyusut menjadi 150 ml saja. Minum air rebusan ini setelah dingin secara teratur pada pagi dan malam hari.

Obat sakit gigi
Untuk mengobati sakit gigi anda cukup tumbuk daun jotang atau bunganya hingga lumat. Tempelkan pada lubang gigi atau gusi yang bengkak.

Meringankan sesak nafas akibat gejala asma
Caranya dengan menumbuk hingga halus 1 genggam daun dan bunga jotang ditambah 2 rimpang jahe dan temulawak. Rebus semua bahan tersebut menggunakan 500 ml air dan biarkan mendidih hingga menjadi 250 ml, tambahkan sedikit garam. Minum air rebusan ini saat hangat

Manfaat lainnya yaitu bisa juga untuk menghilangkan bau mulut dan mengatasi bibir kering juga pecah – pecah. Demikian semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Tanaman Jotang Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya"