Manfaat Tanaman Senggugu Bagi Kesehatan, Ini Khasiat Obatnya !

Intip Manfaat – jika anda kebetulan sering main ke sungai sadar atau tidak sadar pasti pernah menjumpai tanaman senggugu yang banyak tumbuh di tanggul atau semak belukar tepian sungai. Senggugu atau dengan nama latin “clerodendrum serratum moon” adalah sejenis tumbuhan liar yang kurang begitu diketahui kebanyakan orang. Namun siapa sangka dibalik itu senggugu ternyata menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan, salah satu khasiat tersembunyi didalamnya yaitu bisa digunakan sebagai obat encok, penyakit asma, bronchitis, dan juga peluruh air seni. Bahkan saat ini pun sudah tersedia obat herbal telah jadi dalam bentuk kapsul dan serbuk yang bisa anda beli. Selain itu anda pun bisa mendapatkan khasiat obatnya dengan cara mengolah sendiri tumbuhan senggugu tersebut menggunakan ramuan tradisional. Namun sebelum membahas mengenai cara pengolahannya yuk sekilas mengenal ciri – ciri tanaman senggugu dari mulai daun, batang, bunga, dan bagian lainnya untuk sedikit menambah pengetahuan terutama bagi yang belum mengenalnya sama sekali.

Senggugu atau dalam bahasa sunda disebut singgugu atau srigunggu adalah tumbuhan perdu yang memiliki ketinggian bisa mencapai hingga 3 meter, tetapi yang sering saya temukan hanya kurang dari 2 meter. Tumbuhan ini memili batang tegak,  berongga, dan berbongkol besar. Daun senggugu memiliki bentuk yang lonjong menyerupai telur, tebal, kaku, dan bergerigi tajam dikedua sisinya. Bunga senggugu berwarna violet dan tersusun dalam rangkaian malai yang terdapat diujung tangkainya. Yang terakhir bagian buahnya memiliki bentuk bulat telur dan berwarna hijau kehitam – hitaman.

Manfaat Tanaman Senggugu Bagi Kesehatan, Ini Khasiat Obatnya Dari Mulai Daun Akar Buah

Beberapa bagian tanaman tersebut yakni daun, akar, dan buahnya mengandung khasiat sebagai obat alami dengan diolah menjadi obat herbal menggunakan ramuan tradisional. Semua khasiat tersebut didapat karena dalam beberapa bagian tanaman senggugu terkandung sejumlah zat berguna yang berperan dalam hal pengobatan. Adapun kandungan tanaman senggugu yaitu :

Daun
alkaloid, kalium, natrium, dan flavonoid flavon.

Kulit batang
asam oleanolat, triterpenoid, asam queretaroat, dan asam serratogenat

Akar
manitol,  glikosida fenol,  dan sitosterol.



Manfaat senggugu untuk kesehatan


Obat asma, bronchitis, dan melancarkan air seni
Untuk mengobati ketiga penyakit diatas caranya dengan menyeduh akar tanaman senggugu yang telah dipotong – potong menggunakan 1 gelas air panas. Minum airnya setelah dingin sebanyak  3 kali sehari

Obat rematik , encok, linu, nyeri persendian
Untuk mengobati penyakit – penyakit tersebut caranya dengan menumbuk daun senggugu, bisa juga dipadukan bersama adas pulosari. Gunakan tumbukan tersebut untuk dijadikan obat gosok pada bagian sakit yang anda derita.

Obat borok berair
Caranya dengan merebus 7 lembar daun senggugu dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih lalu setelah dingin gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci bagian anggota tubuh yang terdapat borok.

Obat cacingan dan perut busung
Untuk mengobati cacingan dan perut busung caranya cukup sederhana. Sediakan daun senggugu secukupnya, garam, dan beberapa potong irisan temulawak. Seduh semua bahan dengan menggunakan 1 gelas air mendidih, setelah hangat minum sekaligus. Ulangi secara rutin 3 kali sehari

Obat batuk
Daun senggugu juga bisa digunakan sebagai obat batuk. Caranya dengan mengunyah daun tersebut bersama dengan daun sirih, lalu telan airnya saja. Atau bisa juga dengan mengunyah dan menelan bagian buahnya sebanyak 2 buah lalu diikuti meminum air hangat setelahnya.

Menjernihkan suara
Caranya dengan meminum air perasan akar senggugu

0 Response to "Manfaat Tanaman Senggugu Bagi Kesehatan, Ini Khasiat Obatnya !"