Manfaat Rumput Gajah Untuk Kesehatan Obat 30 Penyakit Ini

Manfaat Rumput Gajah – rumput gajah adalah salah satu tanaman yang biasanya digunakan sebagai pakan ternak khususnya sapi, domba, dan juga kambing. Masyarakat pedesaan di Indonesia pun banyak yang sengaja menanamnya dilahan – lahan kosong atau pinggiran kandang, selain karena  mudah dikembangbiakan yakni dengan stek batang juga kadang bermanfaat sebagai pakan darurat jikalau sedang malas untuk mencari rumput diladang atau sawah untuk pakan hewan ternaknya. Umumnya masyarakat pun hanya tahu kalau manfaat rumput gajah tersebut digunakan hanya sebagai pakan hewan, padahal jika dilihat dari sisi lain, rumput gajah ini menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan yang khasiatnya dapat mencegah serta mengobati beberapa penyakit secara alami.

Rumput gajah atau dengan nama latin pennisetum purpureum memiliki sebutan lain dibeberapa daerah seperti elephant grass, uganda grass dan naper grass. Penamaan rumput gajah sendiri mungkin karena awal mulanya rumput tersebut digunakan untuk pakan gajah. Meskipun namanya rumput, tapi rumput gajah memiliki ukuran yang besar berbeda dengan rumput pada umumnya. Ya meskipun ada juga rumput gajah mini yang digunakan sebagai tanaman hias dipekarangan rumah.

Ciri – ciri tanaman rumput gajah ini yaitu memiliki karekteristik tumbuh tegak lurus, lebat, tinggi tanaman ini bisa mencapai 7 meter, batangnya tebal dan keras. Sementara daunnya panjang dan bunganya berbentuk es lilin. Ada juga beberapa varian rumput gajah yakni varietas afrika dengan batang dan daun yang lebih kecil, berbunga, tumbuh tegak dan lebih rendah dari varietas hawai. Sedangkan varietas hawai, batang dan daunnya lebar, tumbuhnya rumpun menyamping, berbunga.

Khasiat Manfaat rumput gajah untuk kesehatan

Jika biasanya rumput gajah diberikan kepada hewan ternak kita, cobalah untuk menggunakan tanaman ini dibidang kesehatan karena khasiatnya bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan berikut ini.

Manfaat Rumput Gajah Untuk Kesehatan


Mengatasi infeksi saluran kencing (ISK)
ISK merupakan gangguan di saluran kencing karena adanya infeksi yang menyebabkan penderitanya mengalami sakit saat buang air kecil (anyang anyangan). Rumput gajah yang seringkali dipandang sebagai tanaman liar ternyata memiliki khasiat gangguan kesehatan tersebut. Hal ini tentu bisa jadi pengobatan alternative sebelum menggunakan obat-obatan k1mia yang mahal serta menimbulkan efek samping lain bagi tubuh.

Mengobati penyakit paru-paru
Paru-paru adalah sala satu organ penting dalam tubuh karena fungsinya mengelola sistem pernapasan. Jika paru-paru sakit, maka akan terjadi gangguan pernapasan dan sangat menyiksa penderitanya.  Gangguan kesehatan paru-paru bisa disebabkan oleh berbagai hal sepertimandi malam hari, virus, bakteri  ataupun kebiasaan merokok. Pengobatan bisa dilakukan secara alami menggunakan elephant grass ini disamping menggunakan obat-obatan k1mia.

Meredakan sakit perut saat menstruasi
Untuk kaum perempuan sakit perut saat menstruasi bukanlah sesuatu yang asing lagi. Anda bisa mencoba meredakannya dengan mengkonsumsi elephant grass ini.

Mengatasi insomnia
Bagi anda yang sering mengalami susah tidur  bisa coba menggunakan pengobatan alami menggunakan bahan dasar pennisetum purpureum ini. Dengan mengkonsumsi air rebusannya secara rutin, anda akan merasakan tidur lebih berkualitas dari malam – malam sebelumnya.

Mengobati penyakit ginjal
Manfaat rumput gajah selanjutnya adalah mengatasi sakit ginjal. Seperti kita tahu ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki kinerja penting karena berperan dalam mengelola zat-zat yang masuk ke tubuh untuk dipilah mana yang baik untuk tubuh dan mana yang harus dibuang melalui air kencing. Jika anda mengalami penyakit ginjal, cobalah untuk berkonsultasi pada dokter untuk penggunaan obat herbal berbahan dasar tanaman ini.

Manfaat Rumput Gajah untuk Kesehatan Lainnya 


  • Mencegah stroke
  • Mengurangi resiko terjadinya usus buntu
  • Mencegah gangguan tulang
  • Mengurangi resiko terkena diebetes melitus
  • Mencegah peradangan gusi
  • Meredakan stres
  • Menenangkan pikiran
  • Meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah
  • Mencegah kanker payudara
  • Mengatasi hipertensi
  • Membantu menyembuhkan batuk kronis
  • Menurunkan kolesterol tinggi
  • Mengatasi gizi buruk dan busung lapar
  • Membantu menaikkan berat badan
  • Meningkatkan dan menstabilkan mood
  • Mencegah dan mengatasi mata minus
  • Mencegah kram kaki
  • Mengatasi radang tenggorokan dan panas dalam
  • Mencegah kanker kolon
  • Mencegah faringitis
  • Menyehatkan jantung


Cara Memanfaatkan Rumput Gajah untuk Kesehatan

Setelah mengetaui manfaatnya , lalu bagaimana cara menggunakan rumput gajah tersebut agar bisa jadi obat. Sebenarnya sangat mudah, anda tinggal menyediakan daun rumput gajah secukupnya, cuci bersih, lalu rendam dalam air sebentar dan peraslah. Usahakan  air perasan yang didapat sampai tiga gelas, kemudian rebus dan biarkan mendidih hingga tersisa menjadi satu gelas. Gunakan air rebusan untuk diminum secara teratur.  Cara lainnya bisa juga dengan langsung merebusnya dengan air tiga gelas masak sampai tersisa satu gelas.

Nah demikian artikel mengenai manfaat rumput gajah untuk kesehatan, semoga informasinya dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam bidang tanaman.

0 Response to "Manfaat Rumput Gajah Untuk Kesehatan Obat 30 Penyakit Ini"