Manfaat Tanaman Anting Anting Untuk Kesehatan & Obat

Manfaat Tanaman Anting Anting – Anting anting  adalah salah satu dari sekian banyaknya tanaman obat yang telah digunakan sejak dulu untuk mengatasi beberapa keluhan kesehatan. Selain bermanfaat bagi manusia, ternyata tumbuhan anting anting ini juga disukai kucing terutama bagian akarnya. Menurut informasi, konon tanaman anting anting ini bagus untuk dikonsumsi kucing karena dapat menjaga kesehatan pencernaannya.

Tanaman anting – anting atau dengan nama latin Acalypha Australis ini sepintas terlihat seperti tumbuhan bayam duri , Ciri – ciri pohon / tanaman anting anting yaitu memiliki daun berbentuk bulat lonjong, letaknya berselang-seling. Bagian ujung dan pangkalnya berbentuk lancip, sedangkan bagian pinggirnya bergerigi dengan panjang sekitar 2,5 cm hingga 8 cm dan lebarnya 1,5 cm hingga 3,5 cm. Tumbuhan ini memiliki batang yang tingginya bisa mencapai 30 cm – 50 cm, bisa bercabang dan mempunyai garis kasar memanjang. Bunga anting - anting berumah satu dan berkelamin tunggal, muncul di ketiak daun dengan bentuk kecil.  Sedangkan bagian buahnya  berukura kecil dan berwarna hitam.

Manfaat Khasiat Tanaman Anting Anting Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolah

Manfaat dan khasiat anting – anting bagi kesehatan didapat karena tidak terlepas adanya kandungan menguntungkan didalamnya. Anting - anting memiliki zat yang dibutuhkan tubuh dan bisa aktif jika tanaman tersebut sudah berumur 2-3 bulan sebab jika umurnya terlalu tua, maka jumlah kandungan gizi didalamnya pun akan semakin berkurang. Adapun kandungan gizi dan nutrisi anting-anting antara lain serat, asam askorbat, β-sitosterol, β-D-glukosida, tanin dan kaempferol. Sedangkan efek farmakologisnya sebagai antidiabetik, AGE Anti, Inhibitor β Glucoronidase, Hipoglikemia, Antioksidan, Xanthin oxidase inhibitor, dan 5 inhibitor lipoksigenase. Selain memiliki efek farmakologis, anting-anting diketahui mengandung efek astringen (pengkondisi), antibiotik, menghentikan pendarahan (hemostatik).

Sebagian besar masyarakat menganggap tanaman anting-anting merupakan tanaman liar yang mengganggu, padahal dibeberapa daerah orang – orang justru membudidayakannya, ya meskipun tujuannya sebagai tanaman hias yang dijadikan bonsai anting putri. Tapi perlu kita ketahui, dibidang kesehatan pun tanaman anting – anting bisa jadi obat untuk mengatasi beberapa keluhan kesehatan berikut ini.

Manfaat Tanaman Anting Anting untuk Kesehatan 


Mengobati batuk
Manfaat daun anting anting ini yang pertama bisa digunakan untuk mengobati batuk secar alami, bagian yang digunakannya yaitu pada bagian daun.  Karena dalam daun anting anting terkandung salah satu zat yang mampu meluruhkan dahak didalam saluran pernapasan. Dengan begitu, dahak pun bisa keluar dengan mudah dan batuk pun mulai berkurang.
Mengobati infeksi saluran kencing (ISK)
ISK adalah suatu penyakit yang diakibatkan karena adanya infeksi dalam saluran kencing. Anda dapat menggunakan daun anting-antingan  yang khasiatnya mampu  membunuh bakteri penyebab infeksi saluran kemih tersebut  karena adanya agen antibakteri di dalamnya.

Mengatasi disentri
Daun anting anting dapat juga digunakan sebagai obat disentri secara alami. Khasiat didalamnya mampu memberikan efek penenang pada usus serta mengurangi peradangan.

Membantu mengatasi BAB berdarah
BAB berdarah bisa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya karena sulit buang air besar karena adanya bakteri atau virus. Kita bisa memanfaatkan daun anting anting untuk membantu meredakannya karena didalamnya terkandung efek antibiotik yang mampu melawan bakteri penyebab BAB berdarah.

Mengobati luka di kulit
Daun anting  anting dapat juga digunakan untuk menyembuhkan luka dikulit terutama yang menimbulkan pendarahan serta mampu mengeringkannya dengan cepat. Ini dikarenakan daun anting anting memiliki efek hemostatic yakni menghentikan pendarahan.


Manfaat Tanaman Anting Anting untuk Kesehatan Lainnya 


  • Mengobati diare pada anak
  • Menyembuhkan masalah pencernaan
  • Mengatasi sakit malaria
  • Mengobati muntah darah
  • Mencegah tumor atau kanker
  • Mengatasi asam urat
  • Menghentikan mimisan
  • Mengatasi kencing berdarah
  • Mengobati luka bakar
  • Membantu pengobatan diabetes tipe 2


Cara Mengolah Daun Anting Anting Untuk Jadi Obat 

Cara memanfaatkan daun anting – anting untuk kesehatan agar khasiatnya bisa jadi obat yakni dengan diolah menggunakan ramuan tradisional. Cara yang paling umum dilakukan yakni dengan cara direbus, ini juga sama halnya dengan daun anting – anting. Kita tinggal sediakan daun anting  anting segar sebanyak 30-60 gram kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air dan biarkan mendidih hingga tersisa menjadi 1 gelas saja. Gunakan air rebusan untuk diminum pada pagi dan malam hari (1 gelas untuk 2 kali minum).

Air rebusan daun anting – anting ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit asam urat, infeksi saluran kemih, BAB berdarah dan penyakit lainnya. Sedangkan untuk pengobatan bagian luar seperti luka bakar atau luka berdarah caranya dengan cara menumbuknya bersama dengan gula putih hingga halus, kemudia balurkan pada area kulit yang sakit.

Demikian artikel mengenai manfaat tanaman anting anting untuk kesehatan, semoga informasinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua dalam bidang tumbuhan herbal.

0 Response to "Manfaat Tanaman Anting Anting Untuk Kesehatan & Obat"