Manfaat Tanaman Pulutan Bagi Kesehatan Dan Cara Mengunakannya

Pulutan, pungpulutan, atau ada juga yang menyebutnya tanaman pulut dan pungpurutan bagi orang sunda. Merupakan tanaman yang jarang sekali orang memanfaatkannya karena dianggap tanaman liar, padahal tumbuhan ini memiliki manfaat bagi kesehatan yang khasiatnya dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit tertentu secara alami. Penasaran bukan? padahal kita sering banget melihatnya namun dibiarkan begitu saja. Ya wajar saja, karena kita menganggap tanaman ini tidak memiliki kegunaan sama sekali.

Kalau dilingkungan sekitar rumah, pohon pulutan biasanya tumbuh pada tempat yang baru dibangun, pada sisi tanah terbuka, tepi – tepi jalan, atau antara semak – semak belukar ditanah terbuka. Tanaman pulutan / pungpurutan sering dijadikan mainan iseng oleh anak anak kecil, dimana buahnya yang telah tua dan bergerigi tersebut ketika dilemparkan ke rambut dapat menempel dengan erat. Saya sendiri pun sebagai penulis pernah melakukannya sewaktu kecil, maklum penulis tinggal di desa yang memang banyak sekali tanaman – tanaman tersebut. Dimasanya belum mengenal gadget seperti anak – anak zaman sekarang, jadi mainnya ke kebun atau pesawahan.

Pulutan memiliki nama latin Urena Lobata L. Bagi anda yang belum mengenal secara detail tanaman ini, Pulutan memiliki ciri berbatang lunak dan berbulu halus. Daunnya pun sama memiliki bulu – bulu yang halus, menjari dan bergerigi tajam pada kedua sisinya. Tangkai bunganya bergagang pendek dan muncul pada setiap ketiak daun.  Bunganya ada yang berwarna merah tua, merah muda, serta ada juga yang berwarna putih. Buahnya berupa kotak membulat, bergerigi, serta berbiji hanya satu.

Khasiat manfaat tanaman pulutan untuk kesehatan dan obat

Bagian tanaman pulutan yang dapat digunakan sebagai obat herbal yaitu daunnya. Dari yang pernah saya dengar daun pulutan ini bisa digunakan sebagai obat ambeien dan lambung. Meskipun ada juga yang menggunakan bagian lain seperti akar, bunga, dan kulitnya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya. Manfaat tanaman pulut bagi kesehatan didapat karena adanya kandungan yang berperan sebagai obat. Contoh beberapa kandungan tanaman pulutan seperti alkaloid, flavonoid, saponin, serta tanin.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Pulutan Untuk Kesehatan

  • Daun pulutan dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit diuretic, pelindung kulit, pendingin dan obat penahan darah
  • Rantingnya digunakan sebagai obat sakit gigi dengan cara mengunyahnya
  • Bunga pulutan biasa dijadikan obat batuk, obat kumur sakit tenggorokan dan sebagai ekspetoran
  • Bijinya dapat digunakan sebagai obat cacingan
  • Akarnya sebagai obat rematik, sakit pinggang, pilek, disentri, penyakit gondok, enteritis, gangguan pencernaan, malaria, radang amandel, hingga mengatasi keputihan


Manfaat Lain Tanaman Pulutan Dan Cara Mengolahnya

Obat sengatan serangga

Apabila anda sedang bekerja diladang atau kebetulan berjalan – jalan didaerah pegunungan lalu tiba – tiba terkena sengatan serangga seperti tawon atau laba - laba. Salah satu obat  alami yang mudah kita dapatkan hanyalah tanaman pulutan. Caranya petik beberapa lembar daun pulutan, tumbuk hingga halus lalu beri beberapa tetes air. Hasil tumbukan tersebut kemudian dibalurkan diatas kulit bekas luka sengatan serangga. Khasiat yang ada dalam air daun pulutan ini sebagai penawar racun sengatan serangga yang ditinggalkan didalam kulit.

Nah itulah beberapa khasiat serta manfaat tanaman pulutan bagi kesehatan, semoga informasinya dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita dibidang tanaman obat herbal.

0 Response to "Manfaat Tanaman Pulutan Bagi Kesehatan Dan Cara Mengunakannya"