Kandungan Dan Manfaat Daun Pohpohan Bagi Kesehatan

Apakah anda tahu tanaman pohpohan ? bagi orang Sunda tentu sudah pada mengenal pohon pohpohan ini. Biasanya masyarakat pedesaan memanfaatkan daun pohpohan sebagai sayur atau lalapan teman sambal sama halnya seperti daun jotang. Tapi tidak semua, hanya mungkin dibeberapa daerah saja yang melakukan itu.

Umumnya masyarakat hanya tahu daun pohpohan ini sebagai sayuran yang bisa dikonsumsi karena rasanya yang lezat dengan aroma yang wangi segar serta memberikan rasa hangat, namun belum tentu mengetahui akan manfaat serta khasiat yang berguna bagi kesehatan didalamnya. Jika anda tahu, mungkin yang tadinya tidak pernah mengkonsumsi sama sekali kini menjadi ingin mencobanya atau bahkan berniat sengaja ingin menanamnya dipekarangan rumah sebagai tanaman obat keluarga.

Baca juga : Manfaat Tanaman Jotang Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Pohpohan adalah atau dengan nama latin “Pilea trinervia” adalah jenis tanaman terna dimana batangnya lunak serta tidak berkayu. Ciri – ciri tanaman Pohpohan ini yakni batangnya halus tidak berduri dan dapat tumbuh sekitar 0,5-2 meter. Daunnya tumbuh berseberangan dua helai, bentuknya bulat meruncing, tepi daunnya bergerigi dengan dasar daun tumpul dan ujung runcing. Jika kita melumatkan daunnya akan mengeluarkan aroma harum yang khas. Bunga pohpohan tumbuh pada tangkai dengan panjang yang melebihi tangkai daun, bunganya tidak sempurna terdiri dari bunga jantan dan bunga betina. Bunga betina umumnya berada di bawah bunga jantan dengan warna putih atau hijau-keputihan.

Kandungan Khasiat  Manfaat Daun Sayur Sayuran Tanaman Pohon Pohpohan Untuk Kesehatan


Bagian tanaman Pohpohan yang memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan ada pada bagian daun. Karena dalam daun terdapat sejumlah kandungan yang berperan dalam hal pengobatan. Sebut saja misalnya antioksidan alami seperti yang telah dilakukan penelitian oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Menemukan bahwa dalam daun pohpohan terkandung senyawa fenolik (tokoferol, flavonoid, asam fenolat), senyawa nitrogen (alkaloid, turunan klorofil, asam amino, dan amina), dan karotenoid seperti asam askorbat, yang dapat mencegah kanker. Selain itu terdapat juga beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, lemak, zat fosfor, energy, zat besi, karbohidrat, protein serta kalsium.

Manfaat dan khasiat daun pohpohan untuk kesehatan

Mengobati wasir 
Daun pohpohan dapat digunakan sebagai obat alami mengobati wasir. Caranya dengan mengkonsumsinya secara rutin

Mencegah tekanan darah tinggi 
Tekanan darah tinggi atau istilah medisnya disebut Hipertensi adalah penyakit yang sangat berbahaya karena berdampak pada kesehatan lainnya. Anda bisa mencegahnya sedini mungkin dengan hanya rutin mengkonsumsi daun pohpohan agar tekanan darah selalu terjaga secara normal. 

Mengobati diabetes 
Daun pohpohan juga baik dikonsumsi penderita Diabetes karena dalam daunnya terkandung zat yang mampu membantu proses penyembuhan kencing manis secara perlahan.

Mencegah kulit kering
Manfaat lain dari daun pohpohan yaitu baik untuk kesehatan kulit,  salah satu khasiatnya bisa mencegah kulit kering serta kusam.

Mengobati sakit pinggang
Mungkin ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Ya, selain mengobati sakit pinggang daun pohpohan berkhasiat juga mengobati keluhan nyeri otot lainnya seperti rematik.

Meredakan nyeri haid
Bagi kaum perempuan yang mengalami nyeri saat haid bisa diredakan dengan mengkonsumsi daun pohpohan tersebut.

Mengatasi infeksi saluran kencing (ISK)
Jika terjadi ISK maka penderita akan merasakan sakit saat buang air kecil (anyang anyangan). Konsumsilah daun pohpohan ini maka saluran kencing pun akan bersih tanpa adanya bakteri serta kuman.

Mencegah penyakit demensia (kepikunan)
Daun pohpohan kaya akan kandungan gizi serta nutrisi bagi tubuh, salah satunya baik untuk otak. Sehingga daun pohpohan ini juga mampu mencegah menurunnya fungsi otak dalam hal daya ingat.

Baik untuk tulang dan gigi
Kandungan kalsium dalam daun pohpohan sama halnya seperti kalsium yang terdapat dalam susu. Fungsinya untuk menguatkan gigi dan tulang serta mencegah pengeroposan diusia lanjut. Maka konsumsilah daun ini secara rutin sebagai alternatif mendapat kalsium harian.

Antikanker
Daun pohpohan berkhasiat sebagai antikanker karena didalamnya terkandung zat yang mampu menangkal radikal bebas sebagai salah satu pemicu timbulnya penyakit kanker.

Menjaga daya tahan tubuh
Kandungan dalam daun pohpohan mampu untuk menjaga daya dahan tubuh agar selalu prima. Dengan begitu anda tidak mudah terserang penyakit yang sering datang seperti flu dan batuk contohnya.


Mencegah peradangan 
Bagi anda yang mengalami sakit akibat peradangan seperti rematik atau sakit gigi maka bisa mengkonsumsi daun pohpohan tersebut untuk membantu meredakannya.

Cara mengkonsumsi daun pohpohan ini yaitu dimakan biasa sebagai sayuran / lalapan mentah namun bisa juga dengan dikukus terlebih dahulu,  tapi tetap dalam jumlah yang wajar. Karena seperti kita tahu yang berlebihan itu justru tidak baik. Atau bisa juga diolah menjadi obat herbal dengan cara direbus. Untuk yang satu ini bisa langsung ditanyakan pada ahlinya atau cari saja dibuku yang mengulas tanaman herbal Indonesia.

0 Response to "Kandungan Dan Manfaat Daun Pohpohan Bagi Kesehatan"