Manfaat Daun Dadap Serep Untuk Demam Dan Penurun Panas

Manfaat daun dadap serep – tanaman dadap serep yang biasanya sengaja ditanam untuk dijadikan tanaman pagar dipekarangan rumah ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satu dari banyaknya khasiat tumbuhan ini yakni bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan demam / penurun panas. Lalu bagaimana cara mengolah dan menggunakannya ?

Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh berada diatas angka normal yang penderitanya akan mengalami juga gejala lain seperti sakit kepala, keringat dingin, menggigil, dehidrasi, batuk – batuk, sakit tenggorokan, sakit otot, kelelahan, hingga hilangnya nafsu makan.  Demam biasanya kita alami saat terkena penyakit flu / pilek, sebenarnya itu adalah proses system imun yang sedang melawan infeksi bakteri, virus, dan parasite dalam tubuh. Namun demam bisa juga diakibatkan oleh penggunaan jenis 0bat – 0batan tertentu seperti  antibiotic.

Pengobatan demam yang paling umum dilakukan yaitu dengan pemberian obat tertentu sesuai dosis dokter. Obat yang umum diberikan yaitu parasetamol penurun panas yang banyak juga dijual diapotek tanpa perlu resep dokter hanya tinggal ikuti dosis yang tertera. Namun selain itu kita juga dapat menggunakan pengobatan secara herbal menggunakan bahan – bahan alami disekitar. Tanaman herbal yang memiliki khasiat untuk mengobati demam dan menurunkan panas diantaranya lempuyang emprit, kunyit, sambiloto, pegagan, temulawak, bawang merah, daun kembang sepatu, hingga daun dadap serep.

Khasiat Manfaat Daun Dadap Serep Untuk Demam Dan Penurun Panas

Manfaat daun dadap serep untuk kesehatan khususnya dalam mengobati demam didapat karena adanya kandungan yang berperan langsung dalam hal pengobatan didalamnya. Adapun kandungan daun dadap serep diantaranya saponin, flavonoida, polifenol,  serta alkaloida. Bagian tanaman dadap serep yang paling berkhasiat sebagai obat ada pada bagian daun, tapi tidak menutup kemungkinan juga ada pada bagian lain seperti batang dan juga akarnya.

Manfaat dan dadap serep untuk penurun panas dan demam

Jika anda atau keluarga kebetulan mengalami demam dan panas ,tidak ada salahnya untuk coba menggunakan ramuan herbal daun dadap serep ini. Caranya cukup anda sediakan daun dadap serep segar secukupnya kemudian remas – remas daun tersebut bersama air. Gunakan remasan daun dadap serep tersebut untuk ditempelkan di atas kening (dahi) dan bagian badan lainnya yang terasa panas.

Sangat mudah bukan ? akhir kata semoga informasinya dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

0 Response to "Manfaat Daun Dadap Serep Untuk Demam Dan Penurun Panas"