Manfaat Daun Randu Untuk Obat Batuk dan Cara Mengolahnya

Halo pembaca blog Intip Manfaat, pada postingan sebelumnya kami pernah membahas mengenai cara mengobati batuk dengan menggunakan air tebu, kini ada lagi bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengobati batuk yakni daun randu.

Anda tahu kan pohon randu ? ya, biasanya tanaman randu ini sengaja ditanam untuk diambil bagian kapasnya (kapuk) serta kayunya untuk keperluan industri. Namun siapa sangka daun tumbuhan ini juga memiliki manfaat, khususnya dalam bidang kesehatan. Salah satu khasiat daun randu ini yakni mampu mengobati batuk secara alami. Bagaimana cara menggunakannya ? intip selengkapnya disini

Memang tidak banyak yang tahu jika daun randu dapat digunakan sebagai bahan untuk mengobati berbagai penyakit secara alami, terlebih jika anda tinggal diperkotaan yang memang jarang sekali menggunakan metode pengobatan herbal. Dari yang pernah kami baca dalam buku tanaman herbal, selain mampu mengobati batuk, daun randu juga memiliki khasiat lainnya seperti mengobati mencret, mengobati panas dalam, obat sakit mata, menghilangkan bekas luka, obat wasir, obat disentri, serta menguatkan rambut agar tidak mudah rontok.

Semua khasiat tersebut tentu tidak terlepas dari kandungan didalamnya yang berperan dalam hal pengobatan seperti flavonoid, saponin, dammar, hidrat, tanin, serta senyawa samak. Namun disini pasti anda bingung  bagaimana cara mengolah daun randu tersebut agar bisa jadi obat batuk.

Nah agar tidak salah cara menggunakannya, silahkan intip cara penggunaannya dibawah ini. Informasinya kami rangkum dari buku tanaman herbal.

Manfaat daun randu untuk batuk


Khasiat Manfaat Daun Randu Untuk Obat Batuk dan Cara Mengolahnya


Cara mengolah dan meminum daun randu untuk batuk :

  • Sediakan kurang lebih 8 gram daun randu segar dan telah dicuci bersih
  • Tumbuk hingga halus
  • Seduh tumbukan tersebut dengan setengah gelas air panas. Setelah dingin kemudian disaring 
  • Air seduhan daun randu ini diminum sebanyak 2 kali sehari


Nah itulah contoh pemanfaatan daun randu bagi kesehatan khususnya sebagai obat batuk herbal yang alami tanpa efek samping. Akhir kata semoga informasi yang kami bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

0 Response to "Manfaat Daun Randu Untuk Obat Batuk dan Cara Mengolahnya"