Manfaat Daun Binahong Untuk Borok dan Luka Luar Kulit Lainnya

Binahong adalah salah satu tanaman herbal yang telah lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit secara alami, baik itu penyakit dalam maupun penyakit luar seperti borok, luka memar, luka bakar, gusi berdarah, dan luka luar lainnya dapat disembuhkan dengan tanaman rambat yang satu ini. Berkat khasiat inilah, saat ini telah tersedia juga produk herbal berbahan dasar binahong yang dapat anda beli jika memang malas untuk mengolahnya menggunakan ramuan tradisional.

Nah berbicara soal borok, ini merupakan penyakit yang terjadi pada kulit ataupun selaput lendir. Munculnya tidak begitu saja melainkan dipengaruhi oleh penyakit lainnya seperti kudis, herpes, atau akibat penyakit gula (diabetes mellitus). Kalau di daerah saya sendiri borok lebih diartikan luka bekas terjatuh atau lainnya sehingga bagian kulit terluka menuju kering.

Penyembuhan borok pun tergolong lama bahkan ada yang sampai tahunan atau biasa disebut borok menahun. Pengobatannya pun biasanya dengan pemberian obat oles seperti salep yang biasanya digunakan juga untuk mengobati eksim, gatal, dan koreng. Namun jika anda memiliki tanaman binahong disekitar rumah, cobalah menggunakan ramuan tradisional dibawah ini.

Lihat juga :
Manfaat binahong untuk obat batuk dan cara mengolahnya

Manfaat Khasiat Daun Binahong Untuk Borok dan Luka Luar Kulit Lainnya


Cara mengobati borok dengan daun binahong

  • Sediakan 12 lembar daun binahong yeng telah dicuci bersih
  • Rebus daun binahong dengan 3 gelas air bersih, biarkan mendidih hingga tersisa menjadi 2 gelas saja
  • Setelah dingin kemudian disaring
  • Gunakan air rebusan tersebut untuk diminum 1 kali sehari


Selain mengobati borok, daun binahong digunakan juga sebagai obat luka luar seperti lecet , memar, atau bahkan luka bekas operasi. Adapun caranya yakni dengan menumbuk daun binahong sampai halus untuk kemudian dioleskan pada luka dikulit. Untuk Awal - awal memang akan terasa perih namun luka tersebut akan cepat kering dan tidak berdarah lagi. Cara tersebut juga dapat digunakan untuk menyembuhkan rematik, pegal linu, ataupun luka bakar.

Nah itulah kegunaan daun binahong untuk mengobati borok dan luka kulit luar lainnya. Semoga informasinya dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua dalam bidang tanaman herbal.

0 Response to "Manfaat Daun Binahong Untuk Borok dan Luka Luar Kulit Lainnya"