Manfaat Belalang Sembah Bagi Tanaman Sebagai Pembasmi Hama Lain

Belalang sembah atau orang sunda menyebutnya dengan congcorang adalah salah satu serangga yang sudah tidak asing lagi bagi kita, karena tentunya anda pun sering melihatnya dikebun, disawah, atau bahkan merayap di jendela – jendela rumah kita. Belalang ini juga mudah dikenali sebab memiliki ciri khusus yakni kaki depannya yang berbentuk capit berguna untuk menangkap dan memangsa mangsa serangga lainnya. Dan saat kita memegang pun, tentu akan kena juga capitannya :D

Seringkali kita menyepelakan serangga ini bahkan membunuhnya karena dianggap tidak bermanfaat, sama seperti belalang jenis lainnya yang dianggap hama karena akan menghabiskan daun – daun tanaman. Tapi tunggu, ternyata belalang sembah memiliki banyak manfaat bagi tanaman karena dapat digunakan sebagai pembasmi hama jenis tertentu. Wah ko bisa ?

Belalang sembah yang memiliki nama latin Stagmomantis caroline Ol ini memiliki manfaat dibidang pertanian karena mampu memangsa serangga hama lainnya. Namun meskipun demikian, belalang sembah juga malah bisa dianggap hama jika memakan tumbuhan. Wajar saja karena belalang sembah ini termasuk karnivora, jadi jika tidak makan serangga ya akan memakan tumbuhan juga.

Manfaat Belalang Sembah Bagi Tanaman Membantu Manusia Dalam Hal Pertanian Mengendalikan Hama di lingkungan


Manfaat Belalang Sembah Bagi Manusia dan Lingkungan


Adapun manfaat belalang sembah bagi tanaman yaitu dapat digunakan sebagai pembasmi hama secara alami untuk hama tanaman tertentu. Belalang sembah termasuk serangga predator untuk beberapa jenis serangga lainnya seperti serangga penghisap buah lada, kepik penghisap, jangkrik, belalang biasa, ulat, dan beberapa jenis kutu tanaman. Sehingga sangat berguna bagi para petani untuk membantu mengendalikan hama selain menggunakan pestisida.

Meskipun bermanfaat, tentunya harus diimbangi juga dengan populasinya yang stabil dan terjaga. Jika tidak begitu, bisa – bisa malah jadi boomerang dimana belalang sembah tersebut menjadi hama untuk tanaman itu sendiri. 

0 Response to "Manfaat Belalang Sembah Bagi Tanaman Sebagai Pembasmi Hama Lain"