Manfaat Tanaman Maja Bagi Kesehatan Dari Buah, Daun, Akar, Dll

Tanaman yang kali ini akan kita kenal manfaatnya yaitu tanaman maja, tanaman yang biasanya sering djumpai sekitar kita namun kadang kita tidak tahu namanya. Tanaman ini sering dibudayakan karena dari buah pohonnya dapat dibuat minuman ataupun diolah menjadi selai roti. Selain dapat diolah menjadi bahan makanan, ternyata tanaman maja juga memiliki khasiat sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit secara alami. Apa saja itu ?

Tanaman maja memiliki nama latin adalah Aegle Marmelos L. Corr. Serr. Kalau orang barat menyebutnya dengan bael fruit, bilva, bilwa, bel, stone apple,  serta ada juga yang menyebutnya dengan wood apple. Tanaman maja ini aslinya berasal dari Asia tropika dan subtropika. Adapun persebarannya dari mulai daerah Asia bagian utara, tengah, timur dan selatan India, serta di Sri Lanka, Pakistan, Nepal selatan, Sri Lanka, Burma, Bangladesh, Vietnam, Laos, Kamboja dan Thailand, Semenanjung Melayu utara ( Malaysia), Jawa (Indonesia), Timor Leste, Filipina, dan Fiji.

Namun sebelum mengetahui apa saja manfaatnya bagi kesehatan, yuk kita mengenal sekilas tumbuhan tersebut sebagai bahan pengetahuan juga.

Taksonomi Tanaman Maja

Klasifikasi
  • Kingdom: Plantae
  • Subkingdom: Tracheobionta
  • Superdivisi: Spermatophyta
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Subkelas: Rosidae
  • Ordo: Sapindales
  • Famili: Rutaceae
  • Genus: Aegle
  • Spesies: Aegle marmelos (L.) Corr. Serr.




Anatomi dan Morfologi Tanaman Maja

Bagi anda yang belum tahu, ciri  ciri tanaman maja ini yaitu jenis tanaman yang termasuk dari keluarga tanaman berbunga (Rutaceae). Tanaman ini tumbuhnya lambat, dengan ukuran pohon menengah dengan tinggi  sekitar  12-15 m, batang pendek, tebal, kulit batang mengelupas, dan menyebarkan, kadang-kadang berduri pada cabangnya, batang yang lebih rendah yang terkulai. Tanaman muda maja memiliki banyak duri kaku, lurus, bergetah lekat seperti permen karet yang keluar dari cabang-cabang yang terluka dan menggantung ke bawah dengan untaian panjang.

Khasiat Manfaat Tanaman Maja Bagi Kesehatan Dari Mulai Buah, Daun, Akar, Batang, dan lainnya


Daun tanaman maja alternatif, berkelompok yang terdiri dari dalam 2 atau 3 ini, terdiri dari 3 sampai 5 berbentuk oval, menunjuk, daun datar bergigi, dengan ukuran panjang 4-10 cm, lebar 2-5 cm, satu terminal dengan tangkai daun yang panjang. Daun muda tanaman maja mengkilap dan merah muda-merah marun. daun dewasa memancarkan bau yang tidak enak.

Bunga tanaman maja memiliki aroma wangi, berkelompok 4 sampai 7 sepanjang percabangan muda, memiliki 4 bengkok, kelopak berdaging, hijau di luar, kekuningan di dalam, dan 50 atau lebih kuning kehijauan benang sari.

Buah tanaman maja berbentuk bulat, oval, atau lonjong, dengan ukuran sekitar 5-20 cm, tipis, keras, kulit berkayu atau kulit kurang lebih lembut, berwarna abu-abu-hijau sampai buah sudah masak akan berwarna kekuningan atau jingga, harum, dan mempunyai rasa yang manis. Buah tanaman maja dihiasi dengan, kelenjar minyak menit aromatik. Di dalam di dalam buah pada bahian intinya keras dan 8 sampai 20 segmen segitiga, dengan dinding tipis, berwarna oranye kehitaman, berbau harum, pucat, mempunyai rasa manis.

Biji tanaman maja terdapat dalam buah yang terdiri 10 sampai 15 biji, berbentuk lonjong, berbulu, panjang sekitar 1 cm. Budidaya tanaman maja ini berkembang biak dengan cara cankok dan biji. Habitat tanaman maja di hutan kering di bukit-bukit, di rawa, basah atau berbatu tanah, tumbuh pada dataran rendah hingga ketinggian 1.200 m dari permukaan air laut, curah hujan tahunan 570 sampai 2000 mm.


Kandungan Tanaman Maja

Bagian tanaman maja yang dapat digunakan untuk herbal yaitu buah, akar, kulit kayu, biji, daun, hingga bunga. Didalamnya terkandung zat yang berguna bagi tubuh maupun yang berkhasiat dalam hal pengobatan. Adapun kandungan tanaman maja ini yaitu :

Buah 

Buah tanaman maja yang telah matang mengandung xanthotoxol, scoparone, scopoletin, umbelliferone, marmesin, skimmin dan ß-sitosterol glukosida. Marmin, γ-sitosterol dan aegeline, diidentifikasi sebagai N-ß-hidroksi-p-metoksi phenylecinnamide telah diisolasi dari daun. Daging buahnya mengandung karbohidrat, protein, mineral dan vitamin, minyak esensial, alkohol, ester, terpene, marmesin, scopoletin, tanin.  alkaloid, O-methylhalfordinol dan isopentylethalfordinol dan minyak yang mengandung phellandrene esensial dan alloimperation dan ß-sitoterol. Buah mengandung psoralen, asam tamic, agelinol, furanocoumarin, marmelide.


Daun 

Daun tanaman maja mengandung senyawa alkaloid, marmelosins dan agelenine, marmesin, rutin, senyawa polifenol, sitosterols dan minyak esensial yang mengandung dari α & ß-phellandrene.


Akar 

Akar tanaman maja mengandung xanthotoxin, 6,7-di-Ome-kumarin, skopoletin, tembamide, umbelliferone, marmesin, Marmin, skimmianine, glikosida skimming. Sebuah alkaloid fenolik dicirikan sebagai 1-fenil-7-hidroksi tetrahydroquinazolin-4-satu telah diperoleh dari akar.


Kulit batang

Kulit tanaman maja mengandung ß-sitoterol, umbelliferone, lupeol, coumarin dan alkaloid, aegeline (= fagarine), skimmianine, marmesin, aurapten, Marmin, dan umbelliferone. Akar tanaman maja juga mengandung scoparone, scopoletin, marmesin



Manfaat dan Khasiat Tanaman Maja Untuk Kesehatan

  • Buah tanaman maja bermanfaat sebagai  astringent, pencernaan, tonik, obat sakit perut, pencahar, diare, disentri dan meningkatkan nafsu makan.
  • Daun segar tanaman maja berkhasiat sebagai astringent, pencernaan, pencahar dan obat penurun panas.
  • Daun tanaman maja untuk mengobati Oftalmia dan radang; jus segar sangat berguna dalam radang selaput lendir hidung dan  demam, penyakit kuning. 
  • Kulit akar tanaman maja berguna dalam pengobatan hypochondriasis, melankoli dan palpitasi jantung.
  • Ekstrak biji tanaman maja ini bersifat  antijamur dan antibakteri



Nah itulah beberapa manfaat tanaman maja bagi kesehatan, semoga informasinya dapat menambah pengetahuan kita semua,

0 Response to "Manfaat Tanaman Maja Bagi Kesehatan Dari Buah, Daun, Akar, Dll"