Manfaat Bermain Gitar Bagi Kehidupan Sosial Dan Kesehatan

Manfaat bermain gitar – gitar merupakan salah satu alat music yang sering dimainkan oleh tua maupun anak muda tidak terkecuali juga oleh anak – anak seperti gitar kecil, ukulele / kentrung. Bermain gitar sangat asyik dilakukan untuk mengisi waktu luang, bersantai sambil melantunkan lagu – lagu kegemaran. Namun bagi mereka yang bekerja di industry music seperti musisi dan gitaris, bermain gitar bukan lagi sekedar hobi, namun lebih ke sebuah pekerjaan sehingga dituntut juga skill bermain gitar yang bagus. Berbeda dengan saya pribadi, bermain gitar untuk mengiringi sebuah lagu meski hanya menggunakan kunci dasar pun sudah bisa jadi hiburan tersendiri.

Untuk bisa bermain gitar tentu kita harus belajar kunci gitar terlebih dahulu agar saat mengiringi sebuah lagu kita hafal kunci gitar apa saja yang harus dipakainya. Dengan sering menghapal beragam kunci tersebut maka akan membuat fungsi otak juga semakin berkembang. Ini merupakan salah satu manfaat bermain gitar, ya meskipun hal tersebut sangat jarang untuk kita sadari karena yang kita tahu manfaat bermain gitar lebih cenderung untuk menghibur diri sendiri ataupun orang lain. Lalu apa saja manfaat lain bermain gitar ? daripada penasaran intip informasi selengkapnya berikut ini.

Fungsi Manfaat Bermain Gitar Untuk Kesehatan Otak Dan Kehidupan Sosial

Manfaat Bermain Gitar


Hiburan
Tentu saja ini manfaat bermain gitar yang siapapun mengetahuinya. Dengan bermain gitar kita bisa menghibur diri sendiri ataupun orang lain dengan mendendangkan lagu – lagu favoritnya diiringi dengan harmonisasi suara gitar. Ada satu penelitian yang dilakukan di Wellness center body-mind, dengan bermain gitar khususnya mendengarkan alunan music dapat membawa kenyamanan jiwa entah itu bagi yang memainkannya ataupun bagi yang mendengarkan.

Meningkatkan Fungsi Otak
Dengan bermain gitar kita ditugtut untuk hafal kunci lagu berikut bagaimana supaya lagu yang dimainkan enak didengar. Disini dilatih kemampuan berpikir sehingga membuat otak akan semakin berkembang dan tentunya terasah untuk bisa memainkan alat music gitar.

Menghilangkan Stress
Menyambung dari poin pertama, bahwa bermain gitar memiliki manfaat sebagai hiburan .Tentunya ini dapat juga menghilangkan stress. Disaat kita istirahat dari kesibukan maka bermain gitar bisa jadi pilihan tepat. Karena dengan begitu pikiran kita akan kembali fresh dan terasa ringan kembali untuk melanjutkan kesibukan.

Menarik Perhatian Wanita
Mahir bermain gitar akan menjadi perhatian wanita. Sebenarnya ini relatif karena ada juga wanita yang tidak suka melihat pria bermain gitar. Tapi umumnya pria yang bisa bermain gitar menjadi perhatian wanita karena dianggap keren dan berbakat.

Memperluas Pergaulan
Bermain gitar biasanya lebih asyik jika sambil berkumpul dengan teman – teman. Terlebih jika teman tersebut memiliki hobi yang sama dibidang music maka akan terbentuk juga sebuah grup band. Hal ini bukan tidak mungkin jika sudah memiliki band maka kita akan sering pergi ke studio music bertemu dengan orang – orang yang bisa menambah teman yang sama – sama bergelut dibidang musik bahkan ikut komunitas gitaris.

Mengasah Kemampuan Vokal
Bermain gitar pada dasarnya untuk mengiringi sebuah lagu yang dibawakan vokalis. Namun tentu saja seorang yang bermain gitar juga mau tidak mau harus melatih vokalnya ketika bernyanyi sendiri. Kemampuan untuk memahami nada dasar agar selaras dengan kunci lagu yang dibawakan

Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Dengan bisa bermain gitar maka akan menumbuhkan rasa percaya diri terutama dikalangan remaja sekolah. Karena tidak semua orang bisa memainkan alat music yang satu ini, jadi ketika anda jago memainkannya maka rasa percaya diri akan meningkat serta menimbulkan kebanggaan tersendiri dihadapan teman – teman lainnya.


Menghilangkan Rasa Sakit
Menghilangkan sakit dengan bermain gitar mungkin akan terdengar aneh. Namun beberapa orang mungkin akan terasa lebih baik jika bermain gitar akibat rasa sakit terutama sakit hati, kecewa, dan lainnya. Secara psikologis rasa sakit tersebut terasa berkurang. Sugesti itu baik dan akan turut membantu anda dalam proses penyembuhan. manfaat tersebut berangkat dari hasil penelitian yang dilakukan Universitas Utah’s Pain Research Center.


Kesehatan Jantung
Bukan hanya makanan tertentu yang sehat untuk jantung, tapi kebiasaan bermain gitar juga turut membantu dalam hal kesehatan jantung. Hasil studi di Belanda menemukan bahwa dengan bermain gitar selama kurang lebih 2 jam dalam sehari turut membantu menurunkan tekanan darah serta menormalkan detak jantung. Hal ini mungkin karena dengan bermain gitar tubuh kita akan rilexs dan yang awalnya tegang jadi normal. Selain itu bermain gitar juga akan membuat kita berkeringat apalagi jika sambil bernyanyi dan menggenjreng senarnya penuh dengan tenaga, detak jantung pun ikut meningkat. Tidak percaya ? buktikan saja.

Terlihat Lebih Jantan
Dengan bermain gitar maka pria akan terlihat lebih maco. Hal ini didukung penelitian yang dilakukan di Israel menyatakan bahwa seseorang yang bermain music turut memberikan kesan kejantanan. Hal itu di buktikan oleh peneliti dengan mengirimkan foto kepada 100 orang wanita. 50 orang diberi foto pria tampan dengan gitarnya, 50 sisanya diberi foto tanpa gitar. Hasilnya dari masing-masing 50 foto untuk pria dengan gitar dipilih oleh 10 orang perempuan, dan hanya 5 yang memilih pria tanpa bergitar, dan sisanya tidak menghiraukan.

Turut Berpresta di Bidang Akademis
Bidang akademis biasanya dipengaruhi oleh kinerja otak kiri kita. Memang music sendiri adalah kinerja otak kanan. Namun bermain gitar ternyata bisa mengaktifkan otak kanan dan kiri secara bersamaan. Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Gordon Show, yang membenarkan bahwa orang yang mahir bermain gitar akan berpotensi meraih prestasi di mata pelajaran yang lain karena saat bermain gitar kedua bagian otak kita aktif bersamaan.

Menjadi Gitaris Profesional
Jika memiliki skill bermain gitar yang baik bukan tidak mungkin kedepannya anda bisa menjadi seorang gitaris professional, ya minimal mengiringi penyanyi diacara – acara dangdutan / kafe.  Namun tentu saja untuk menjadi gitaris professional dibutuhkan latihan yang tekun dan menguasai ilmunya.


Nah itulah beberapa manfaat bermain gitar yang sangat perlu untuk kita ketahui. Semoga artikel yang kami bagikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

0 Response to "Manfaat Bermain Gitar Bagi Kehidupan Sosial Dan Kesehatan"