Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan – tidak dapat dipungkiri lagi kalau buah adalah jenis makanan yang yang kaya akan vitamin menyehatkan tubuh. Kandungan nutrisi dan mineral yang ada di dalamnya dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Dan tidak hanya itu, dengan beragamnya jenis aneka buah juga dapat mengobati kebosanan anda terhadap jenis makanan buah tertentu.

Salah satu dari banyaknya jenis buah yang bisa untuk kita konsumsi yakni buah kesemek. Apakah anda tahu buah ini ? sudah pasti tahu ya. Buah unik berwarna oranye penuh dengan tepung seperti bedak pada bagian kulitnya ini ternyata sangat tinggi akan manfaat kesehatan bagi tubuh kita dan memiliki khasiat mencegah gangguan kesehatan. Namun ditoko buah didaerah saya sangat jarang menemukan buah kesemek ini, tersedianya hanya waktu – waktu tertentu. Mungkin karena buah ini musiman seperti halnya buah durian.

Khasiat Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Pengobatan Ibu Hamil

Lalu apa saja manfaat dari buah kesemek ? daripada penasaran langsung saja intip dibawah ini informasi selengkapnya untuk anda.

Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan


Menyehatkan mata
Buah kesemek memiliki banyak kandungan vitamin A sehingga sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu buah kesemek ini juga dapat mencegah terjadinya kerusakan retina, memperkuat penglihatan,hingga mencegaht terjadinya katarak.

Mencegah kanker
Dengan kandungann zat antioksidan serta fitonutrien yang dimiliki oleh buah kesemek, dapat mencegah terjadinya kanker karena mampu menangkal radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh.

Membuat awet muda
Buah kesemek juga kaya akan kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk dapat mengurangi kerusakan sel dalam tubuh serta memperlambat terjadinya proses penuaan dini.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Dengan mengkonsumsi buah kesemek, ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya penyakit umum seperti flu, batuk, serta infeksi pada tubuh.

Menurunkan berat badan
Dengan Mengonsumsi buah kesemek dapat juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan buah kesemek juga kaya akan serat, sehingga dapat membuat anda kenyang lebih lama , memuaskan rasa lapar serta dapat mengurangi keinginan anda untuk mengkonsumsi makanan manis.

Meningkatkan kesehatan pencernaan
Kandungan serat yang terdapat pada buah kesemek, juga sangat bermanfaat untuk dapat meningkatkan kesehatan pencernaan serta mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, buah kesemek juga tinggi akan tanin sehingga dapat melindungi usus dan mencegah terjadinya diare.

Meningkatkan sistem metabolisme
Selain kaya kakan nutrisi dan mineral, buah kesemek juga kaya akan kandungan vitamin B yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Dan hal ini sangat bermanfaat untuk dapat meningkatkan energi serta efisiensi keseluruhan akan fungsi tubuh anda.

Menurunkan tekanan darah
Buah kesemek memiliki kandungan kalium yang cukup besar, yaitu mineral yang sangat bermanfaat untuk dapat menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung anda.


Dan berikut ini beberapa penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan buah kesemek :

Manfaat Buah Kesemek Untuk Pengobatan


Mengatasi Hipertensi
Buah kesemek mampu mengatasi tekanan darah tinggi. Anda bisa mendapatkan khasiatnya dengan cara mengkonsumsi langsung atau diolah menjadi ramuan tradisional berikut:
  • Sediakan dua buah potong buah kesemek yang telah dikeringkan
  • Masukkan ke dalam panci lalu beri air dan kukus hingga matang
  • Haluskan buah kesemek yang sudah dikukus dan haluskan
  • Tambahkan madu murni sebanyak 1 sendok lalu campurkan dan minum
Jika dikonsumsi secara rutin maka tekanan darah akan berangsur normal kembali. Ramuan tradisional ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk berdahak dan asma.

Baca juga :



Mengobati Sakit Perut
Untuk mengobati sakit perut dengan buah kesemek, anda cukup mengkonsumsi satu buah kesemek segar. Rasa nyeri dan panas pada perut pun akan hilang dengan sendirinya. Namun ada juga ramuan tradisionalnya, khasiatnya juga mampu mengobati diare dan disentri dengan cara :
  • Rebus 2 potong buah kesemek kering
  • Aduk hingga menjadi bubur
  • Lalu campur dengan perasan jeruk nipis dan beras ketan
  • Konsumsi ramuan obat dari kesemek kering tersebut sehari 3 kali

Nah itulah beberapa manfaat buah kesemek bagi kesehatan tubuh yang  sangat perlu untuk kita ketahui. Mulai sekarang jangan ragu untuk mengkonsumsi buah ini, meskipun tampilannya tidak begitu menggugah selera, tapi manfaatnya sangat besar untuk kesehatan bahkan memiliki khasiat mencegah & mengobati gangguan kesehatan. Akhir kata semoga informasi dapat bermanfaat !!!

0 Response to "Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Dan Pengobatan "