Manfaat Donor Darah Bagi Pendonor Kesehatan Didapat !!

Manfaat donor darah untuk kesehatan – donor darah adalah salah satu perbuatan terpuji. Semua orang pasti setuju dan tidak ada dapat menyangkal hal tersebut. Tahukah Anda? Selain merupakan tindakan yang terpuji, donor darah juga punya segudang manfaat untuk kesehatan, khususnya bagi si pendonor itu sendiri.

Memang tidak semua orang berani untuk mendonorkan darahnya, selain karena masih takut dengan jarum suntik, hal lain juga seperti anggapan takut darahnya habis menjadi salah satu alasan mengapa sebagian orang enggan melakukan donor darah. Meskipun banyak juga yang sangat ingin melakukan donor darah tapi malah ditolak oleh dokter pemeriksa karena berbagai kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan itu. Misalnya berat badan yang kurang dari 45 kg, tekanan darah rendah, sedang mengkonsumsi obat,  usia yang kurang / lebih dari sekian, dan lain sebagainya.

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Pendonor

Namun bagi anda yang memang sudah bisa untuk melakukan donor darah atau minimal ada niat melakukannya, jangan takut karena dibawah ini ada beberapa manfaat kesehatan yang akan anda dapatkan setelahnya. Berikut informasi selengkapnya :

Manfaat Donor Darah Bagi Pendonor

Melancarkan Peredaran Darah
Ibaratnya aplikasi, darah juga perlu untuk diupdate atau diperbaharui. Nah, cara kita memperbaharui sel darah adalah dengan melakukan donor darah. Dengan melakukan donor darah, sel darah baru akan tumbuh dan semakin memperlancar darah dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, sel darah yang rutin diperbaharui juga dapat mencegah timbulnya sumbatan pada pembuluh darah Arteri kita.

Mencegah Penyakit Jantung Dan Pembuluh Darah
Ini menyambung dari poin pertama diatas, karena dengan melakukan donor darah apalagi dilakukan secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah. Kekentalan darah ini adalah salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan resiko penyakit jantung.
Jika darah yang mengalir dalam tubuh semakin kental, maka semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah. Gesekan yang terjadi pada pembuluh darah ini dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko terjadinya sumbatan pembuluh darah.

Selain itu, manfaat donor darah juga dapat membantu membuang zat besi berlebihan dalam tubuh. Zat besi yang berlebihan dalam darah sangat tidak baik karena dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Hasil dari proses oksidasi tersebut dapat menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Melalui donor darah, kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Periksa Kesehatan Gratis
Umumnya, donor darah yang dilakukan sekarang adalah gratis atau tanpa dipungut biaya. Selain gratis, kelebihan lain dari donor darah adalah kita dapat mengetahui kondisi kesehatan kita. Mengapa? Sebelum melakukan donor, terlebih dahulu kita akan dites layak atau tidaknya untuk melakukan donor. Pemeriksaan dalam beberapa aspek akan dilakukan, meliputi golongan darah, tingkat kekentalan darah, dsb.

Memperkecil Kemungkinan Kanker
Manfaat donor darah untuk mencegah kanker patut kita ketahui. Salah satu penyebab kanker adalah kadar zat besi yang berlebihan di dalam tubuh. Agar kadar zat besi tidak berlebihan, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan donor darah. Jika kita mendonorkan darah, zat besi akan berkurang karena mengikut pada darah yang didonorkan. Jika kadar zat besi kita berlebihan, dapat dinormalkan. Jika pun setelah melakukan donor kita kekurangan zat besi, hal itu bukan masalah. Mengapa? Sebab zat besi akan dihasilkan kembali lewat makanan yang kita konsumsi..

Mensukseskan Program Diet
Manfaat luar biasa donor darah untuk diet mungkin belum banyak diketahui. Nah, ternyata, saat kita berdonor, hal itu setara dengan melakukan pembakaran kalori sebesar 650 kal. Bayangkan, selain beramal, kita juga berdiet.

Jaminan Tubuh Lebih Bugar
Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa orang yang rutin melakukan donor darah memiliki angka harapan hidup lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak pernah berdonor. Dikatakan seperti itu karena orang yang berdonor senantiasa melakukan regenerasi sel, baik sel darah merah maupun zat besi di dalam tubuhnya.

Nah, itulah beberapa manfaat sehat donor darah bagi kesehatan khususnya bagi pendonor yang sangat penting untuk diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

0 Response to "Manfaat Donor Darah Bagi Pendonor Kesehatan Didapat !! "