Manfaat Daun Meniran Untuk Darah Tinggi (Hipertensi)

Manfaat Meniran – tanaman meniran pasti sering mudah kita jumpai disekitar lingkungan tempat tinggal, apalagi jika anda kebetulan hidup dipedesaan pasti sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan yang satu ini. Meniran sekilas mirip tanaman putri malu dan termasuk tumbuhan liar yang tidak dikembangbiakan, meskipun dibeberapa daerah ada juga yang justru sengaja menanamnya karena sudah mengetahui akan manfaatnya bagi kesehatan. Dari sekian banyaknya manfaat meniran untuk kesehatan,salah satu khasiat dari tanaman meniran ini yakni bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau istilah kedokterannya disebut hipertensi. Lalu bagaimana cara mengolah dan menggunakannya ?

Darah tinggi merupakan kondisi dimana tekanan darah dari jantung keseluruh tubuh melebihi ambang batas normal yang bisa menyebabkan penderitanya mengalami beberapa gangguan kesehatan dari  mulai ringan hingga berat. Penyebabnya pun bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang buruk, atau bisa juga disebabkan karena penyakit lain seperti penyakit jantung dan juga ginjal.

Pengobatan darah tinggi yakni dengan mengkonsumsi beberapa jenis obat sesuai resep dokter atau bisa juga dengan menggunakan obat alami secara herbal. Beberapa tanaman herbal yang dapat digunakan untuk menurunkan darah tinggi seperti daun basil (selasih), kayu manis, kapulaga,  bawang putih, daun cakar kucing,hingga daun meniran.

Khasiat Manfaat Daun Meniran Untuk Darah Tinggi (Hipertensi) Dan Cara Mengolah

Manfaat meniran untuk kesehatan khususnya menurunkan darah tinggi didapat karena adanya beberapa zat yang berkhasiat sebagai obat didalamnya. Bagian tanaman ini yang digunakan untuk menyembuhkan darah tinggi yaitu ada pada bagian daun. Adapun kandungan daun meniran yang berkhasiat sebagai obat yaitu diantaranya filantin, kalium, damar, dan zat sawak.


Manfaat daun meniran untuk hipertensi

Untuk mengobati darah tinggi caranya yaitu sediakan daun meniran 1 genggam kemudian cuci hingga bersih. Rebus daun meniran tersebut dengan menggunakan 2 gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa menjadi 1 gelas saja.

Gunakan air rebusan daun meniran tersebut untuk diminum 2 kali sehari pada pagi dan dan sore hari dengan aturan  setiap kali minum sebanyak 1 gelas.

Demikian artikel mengenai manfaat daun meniran untuk darah tinggi / hipertensi. Semoga informasinya dapat menambah wawasan dan pengetahua kita semua dalam bidang tanaman herbal Indonesia.

0 Response to "Manfaat Daun Meniran Untuk Darah Tinggi (Hipertensi) "