Cemilan Penuh Gizi ! Manfaat Kacang Koro untuk Kesehatan


Manfaat kacang koro untuk kesehatan – Anda pernah mendengar nama kacang koro ? Di Indonesia kacang ini cukup populer, biasanya olahan kacang koro dicampur dengan garam sehingga terasa asin. Selain enak sebagai cemilan, kacang ini juga bisa bermanfaat bagi kesehatan. Apa sajakah itu ? Artikel kali ini intipmanfaat.com akan membahas macam – macam manfaat kacang koro dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh.

Kacang koro masih satu kerabat dengan kacang kedelai. Kandungan nutrisi di dalamnya juga mirip. Adapun kandungan yang dimilikinya antara lain protein, lemak, karbohidrat, serat, lemak jenuh, gula, energi, dan sodium. Sedangkan kandungan yang paling banyak adalah karbohidrat dengan jumlah 36 gram dan energi 340 kkal. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh, kacang koro memiliki manfaat lain, berikut ini informasi lengkapnya.

Khasiat Manfaat Kacang Koro untuk Kesehatan


Manfaat Kacang Koro Untuk Kesehatan


Menurunkan kadar gula darah
Kacang ini bisa diolah menjadi tepung dan jika sudah jadi jumlah proteinnya dapat bertambah. Dengan kadarnya itu bisa dijadikan sebagai obat kencing manis.

Membantu program diet
Banyak makanan yang bisa dikonsumsi sebagai menu diet salah satunya kacang koro. Di dalam kacang ini terdapat kandungan, lemak, serat, dan protein yang berguna untuk membuat Anda merasakan kenyang lebih lama. Jumlah antara kalori dan lemaknya juga seimbang.

Melancarkan aliran darah
Di dalam kacang ini ada 36 gram serat larut yang punya manfaat untuk mengurangi kolesterol jahat. Nantinya darah menjadi lancar.

Mengurangi resiko sakit jantung
Kandungan berupa lemak tak jenuh lah yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Ditambah dengan serat dan protein membuat kadar gula darah menjadi berkurang. Itulah yang biasanya membuat sakit jantung kumat.

Mencegah kanker
Untuk ini sudah terbukti manfaatnya bahkan negara Taiwan menggunakannya sebagai obat untuk menyembuhkan kanker. Oleh karena di dalamnya terdapat kandungan fenolik dan flavanoid.

Mencegah penyakit hipertensi (darah tinggi)
Hipertensi atau darah tinggi bisa dikurangi dengan sering mengonsumsinya. Di kacang ini ada serat larut dan protein yang akan membuat aliran darah yang menuju jantung semakin lancar. Ditambah jantung yang fungsinya lebih baik menjadikan tekanan darah bisa diturunkan lebih banyak.

Melancarkan pencernaan
Pencernaan yang lancar sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Walaupun di dalam kacang ini hanya mengandung serat sebanyak 5 gram tapi sudah cukup membantu. Jika rutin mengonsumsinya maka Anda tidak akan merasa sulit BAB.

Menjaga kesehatan kulit
Flavonoid yang ada dalam kacang koro bisa mengatasi matinya sel-sel kulit mati. Ada juga antibiotik dan protein yang bisa membantu memperbaiki sel kulit yang sudah rusak. Kabarnya di Indonesia akan ada kosmetik dengan bahan kacang ini.

Menjaga kekebalan tubuh
Untuk menjaga kekebalan tubuh ini kandungan kacang koro yang penting adalah serat, kalium, dan magnesium. Semakin kebal tubuh dari berbagai penyakit semakin sehat juga tubuh Anda.

Menjaga kesehatan syaraf pusat
Syaraf pusat perlu dijaga karena akan berpengaruh pada gerak otot dan semua bagian tubuh kita. Bahan pada kacang koro yang bermanfaat untuk ini adalah kalium, fosfor, magnesium, zat besi, tembaga, vitamin B1 dan thamin. Di antara semuanya yang paling penting untuk hal ini adalah vitamin B1.

Nah itulah beberapa manfaat kacang koro untuk kesehatan yang sangat perlu untuk kita ketahui. Apakah Anda pernah memakan kacang ini? Biasanya kulit kacang ini akan menjadi kering dan dan tersisa sedikit sampai terliha kacangnya. Kulitnya juga akan terasa asin dan tidak jarang yang mengemutnya dulu sebelum dibuang.Benarkan?

Kacang ini lebih banyak dibudidayakan di Srilanka, India, dan Myanmar. Namun kini di Indonesia juga semakin banyak. Semoga informasi mengenai manfaat kacang ini bermanfaat bagi Anda

0 Response to "Cemilan Penuh Gizi ! Manfaat Kacang Koro untuk Kesehatan "