Fungsi Dan Manfaat Soda Api Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Soda Api – Pernahkah Anda mendengar soda api? Soda api adalah bahan kim1a yang sifatnya sangat keras, bukan untuk bahan minuman ya! Meski kadang berbahaya jika tidak berhati-hati saat menggunakannya tapi ada banyak sekali fungsi dan manfaat soda api dalam kehidupan sehari - hari. Kebanyakan memang berhubungan dengan keperluan industri. Nah kali ini intipmanfaat coba akan membahasnya.

Soda api banyak dikenal sebagai bahan industri juga konstruksi. Seperti namanya, jika soda api terkena kulit maka akan membuat rasa perih dan panas karena sifatnya korosif. Pada benda-benda yang terbuat dari besi saja bereaksinya cepat apalagi pada kulit manusia. Namun manfaat soda api ada sangat banyak. Apa saja sih kegunaan soda api ini ? daripada penasaran langsung saja ini dia daftar manfaatnya.

Fungsi Kegunaan Manfaat Soda Api Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kegunaan Soda Api untuk Kehidupan Sehari-hari

Merontokan Cat
Manfaat soda api yang pertama yakni untuk menghilangkan cat. Sebelum melakukan pengecatan pada benda-benda yang terbuat dari besi maka harus mengelupas cat yang sebelumnya ada. Caranya dengan menggunakan soda api untuk merontokannya. Manfaat ini biasa dilakukan pada bidang otomotif, seperti mengganti cat pada kendaraan. Bisa juga pada bahan lain yang dari besi. Soda api akan dioleskan ke seluruh bagian kemudian dikerok dan diganti cat yang baru.

Membersihkan Noda pada Stainless dan Besi
Jika Anda punya benda dari stainless dan besi yang bernoda atau berkerak maka bisa menggunakan soda api untuk membersihkannya. Namun hati-hati ya! Anda harus menggunakan sarung tangan untuk menjaga keselamatan kulit jangan sampai terbakar.

Membersihkan Saluran Pipa
Manfaat soda api lainnya yakni digunakan untuk mengatasi saluran air yang mampet. Ada kalanya pipa saluran air / pembuangan tersumbat karena menumpuknya kotoran dan kerak di dalam. Sehingga menyebabkan aliran air menjadi terhalangi. Tentu hal ini sangat memusingkan jika benar-benar membutuhkan air. Jika Anda mengalaminya tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan soda api. Untuk membersihkan pipa dengan Soda Api gunakan sikat pipa yang sama seperti panjang pipanya.

Celupkan sikat tersebut pada larutan soda api kemudian masukkan sikat ke lubang pipa. Gosok dengan kuat menggunakan sikatnya. Lakukanlah berulang-ulang atau bertahap sampai semua kotoran keluar karena rontok. Jika sudah selesai jangan langsung digunakan pipanya. Cuci dulu menggunakan sabun kemudian dijemur selama seharian. Itu supaya sisa dari noda api menjadi menguap dan bersih. Maka tidak ada bahaya yang ditimbulkan.

Menghilangkan Karat
Karat termasuk hal yang paling sulit dihilangkan. Biasanya terjadi pada benda yang terbuat dari besi. Anda bisa merontokan dan mebrsihkan karat tersebut dengan menggunakan soda api. Namun harus tetap hati-hati juga dalam melakukannya apalagi untuk melakukan hal ini butuh jumlah soda api yang banyak. Anda harus siapkan kacamata, sarung tangan karet, lap dari katun, dan kuas.

Untuk membersihkan Karat dengan Soda Api, Anda cukup tuangkan soda api ke sebuah tempat yang terbuat dari bahan kaleng dan besi. Lalu celupkan kuas dalam soda api, oleskan pada karatnya. Tunggu dulu sampai kira-kira 10 menit atau sampai karat meleleh. Lalu bilas menggunakan air mengalir dengan sabun. Lap benda yang sudah dirontokan itu sampai kering.

Bahan Produksi Industri
Memang di atas manfaat dari soda api ini digunakan untuk keperluan barang industri tapi ternyata masih banyak industri lain yang menggunakannya. Sebut saja tekstil, kertas, bubur kayu, detergen, dan sabun.

Mengatasi Toilet Mampet
Ini sama sebenarnya dengan manfaat untuk merontokan kotoran dalam pipa. Namun untuk pipa yang disebut di atas adalah pipa untuk mengalirkan air untuk keperluan lain. Sementara ini mengenai pipa yang membuat air tergenang pada toilet. Anda bisa langsung masukan soda api pada toilet yang mampet. Nanti akan terdengar suara, biarkan saja. Diamkan selama 4 sampai 5 jam. Selesai sudah.

Demikian artikel mengenai manfaat soda api. Semoga menambah pengetahuan dan tetap hati – hati saat menggunakan bahan kim1a ini.

0 Response to "Fungsi Dan Manfaat Soda Api Dalam Kehidupan Sehari-hari"