Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil Dan Kesehatannya

Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil –seperti kita tahu selama proses mengandung ibu hamil dianjurkan untuk tidak banyak bergerak. Baik itu untuk ibu hamil muda usia 4 bulan, atau ibu hamil tua yang menginjak usia 7 bulan dan 9 bulan. Bergerak disini dalam artian tidak banyak melakukan kegiatan fisik yang banyak menguras tenaga dan stamina Ibu hamil. Ibu hamil dilarang untuk tidak terlalu banyak bergerak agar kandungannya sehat dan tidak mengalami yang namanya keguguran.

Meskipun dilarang melakukan aktivitas yang berat-berat, bukan berarti ibu hamil tidak boleh berolahraga. Karena studi menunjukkan, bahwa olahraga ringan justru dapat membantu kelancaran pada proses persalinan nantinya. Dengan melakukan olahrga ringan, ibu hamil setidaknya sudah menyiapkan kondisi fisik agar kuat jelang melahirkan.

Adapun salah satu olahraga yang dianjurkan bagi Ibu hamil yakni olahraga renang. Manfaat renang bagi ibu hamil antara lain dapat menjadikan tubuh ibu hamil menjadi tidak terlalu berat. Seperti kita ketahui, ibu hamil biasanya mengalami masalah dengan bobot tubuhnya saat mengandung.

Selain menjadikan tubuh ibu hamil menjadi tidak terlalu berat, renang juga memiliki manfaat-manfaat lain yang dapat didapatkan oleh ibu hamil. Ingin tahu apa saja manfaat berenang bagi ibu yang sedang mengandung? Simak beberapa poinnya berikut ini.

Manfaat Berenang Bagi Ibu Hamil muda tua usia 4 bulan 7 bulan 9 bulan

Manfaat Berenang Bagi Ibu Hamil

Membentuk Otot Dan Meningkatkan Kekuatan
Manfaat renang untuk ibu yang akan melahirkan yaitu dapat membantu meningkatkan kekuatan fisik dan daya tahan tubuh si calon ibu dan juga membantu pembentukan otot, khususnya otot Rahim dan otot panggul. Jika otot Rahim dan otot panggul kuat, hal itu akan sangat membantu dalam proses persalinan nantinya.

Melancarkan sirkulasi darah
Berenang memang dikenal dapat melancarkan sirkulasi darah. Dengan berenang, seluruh otot dan bagian tubuh akan ikut bergerak. Hal inilah yang akan membuat sirkulasi darah menjadi semakin lancar. Jadi, oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya rutin berenang untuk mencapai tujuan ini. Jika sirkulasi darah dalam tubuh semakin lancar, rasa sakit atau nyeri yang kadang dirasakan selama mengandung bisa sedikit berkurang. Itulah kira-kira manfaat berenang untuk melancarkan sirkulasi darah ibu hamil yang patut Anda ketahui.

Membuat Tidur Jadi Lebih Berkualitas
Khasiat renang bagi ibu hamil yang mungkin belum banyak diketahui adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Khususnya bagi ibu hamil, saat mengandung biasanya bagian tubuh di sekitar panggul dan perut sering terasa sakit. Rasa sakit ini jika terjadi di malam hari kemungkinan dapat mengganggu jam tidur. Nah, dengan berenang, otot-otot dilatih agar lebih kuat dan berdaya tahan. Sehingga terkadang saat selesai berenang akan merasa lelah. Kelelahan ini dapat berakibat positif untuk membuat kita lebih mudah tertidur dan tentunya lebih pulas.

Membantu Meningkatkan Teknik Pernafasan
Seperti kita ketahui, ibu hamil saat akan melahirkan memerlukan teknik pernafasan yang baik untuk mendorong keluarnya si jabang bayi (jika persalinan dengan cara normal). Bernafas tentunya sangat erat dengan berfungsinya paru-paru dan jantung dengan baik. Ibu hamil yang rutin berenang dapat memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal pernafasan karena dalam renang, teknik mengatur pernafasan sangat penting agar dapat memiliki range dan jarak tempuh yang jauh. Nah, hal ini dapat didapatkan oleh ibu hamil yang rutin berenang. Manfaat berenang untuk peningkatan pernafasan ibu hamil akan dibutuhkan saat jelang melahirkan nanti.

Nah, itulah beberapa manfaat berenang bagi ibu hamil yang informasiny sangat perlu untuk diketahui. Jadi, mulai sekarang para calon ibu jangan takut lagi untuk berenang karena ternyata berenang memiliki segudang manfaat yang baik sekali untuk kesehatan. Akhir kata semoga artikel ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil Dan Kesehatannya"