13+ Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Manfaat olahraga – olahraga adalah jawaban paling banyak dijawab jika ada pertanyaan bagaimana caranya menjaga kesehatan tubuh. Tentu saja itu jawaban yang tepat, karena dengan berolahraga tubuh akan bekerja sehingga membawa manfaat yang besar. Nah dalam artikel kali ini akan dibahas lebih banyak tentang apa manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh manusia.

Olahraga memang bisa dilakukan kapan saja, tergantung kita memiliki waktu luang untuk melakukannya. Tapi akan lebih baik jika dilakukan pada pagi hari dimana udaranya masih bersih dan juga segar serta ditambah sinar matahari pagi yang sangat bagus untuk tubuh. Namun ada juga yang melakukannya dimalam hari seperti bermain futsal atau pergi ke tempat gym misalnya.

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Lalu apa saja sih manfaat olahraga bagi kesehatan manusia ? Langsung saja intip informasi selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Jasmani Dan Rohani

Menguatkan Kekebalan Tubuh
Jika Anda olahraga pagi maka akan mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi. Fungsinya adalah menjaga sistem kekebalan tubuh, kesehatan tulang, dan menangkal berbagai jenis penyakit.

Mencerdaskan Otak
Menurut penelitian, orang-orang yang biasa olahraga pagi punya daya intelektual yang tinggi. Juga mempunyai kinerja otak yang lebih baik.

Menyehatkan Jantung
Saat olahraga jantung akan berdetak dengan lebih cepat dari biasanya. Hal itu akan sangat bermanfaat bagi fungsi jantung supaya tetap sehat.

Mencegah Penyakit Alzheimer
Penyakit ini biasanya terjadi pada orangtua tapi bisa dicegah sejak dini dengan melakukan jogging atau lari pada pagi hari. Ini berhubungan dengan kinerja otak yang sudah dibahas di nomor 2 tadi.

Menghilangkan Sakit Kepala
Olahraga juga dapat menghilangkan sakit kepala. Penelitian menunjukan sakit kepala bisa terjadi karena tidur yang terlalu lama. Jika demikian maka Anda harus membiasakan bangun pagi kemudian berolahraga. Olahraga juga bisa membuat intensitas tidur Anda menjadi lebih teratur.

Mencegah Obesitas
Olahraga pagi bisa membantu pembentukan tubuh yang ideal. Oleh karena olahraga juga bisa memberikan sugesti pada otak supaya kurang berselera dengan makanan karena kaluanya hormon endorphin.

Memperlambat Penuaan Dini
Metabolisme akan meningkat jika Anda melakukan olahraga pagi secara rutin. Sel tua akan mati dan berganti dengan sel baru yang akan tumbuh lebih cepat. Itulah yang membuat penuaan akan menjadi lebih lambat.

Meningkatkan Daya Konsentrasi
Kekuatan otak akan menjadi lebih baik jika berolahraga itulah kenapa daya konsentrasi Anda bisa jadi lebih meningkat. Anda jadi bisa fokus dalam menjalankan segala aktifitas yang padat sekali pun.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Saat olahraga pagi maka paru-paru akan mendapatkan udara yang bersih dan segar. Kemudian udara tersebut akan terikat dalam darah. Dengan banyaknya oksigen yang masuk ke dalam darah akan membuat otak terangsang lebih baik sehingga kesehatan mental dapat terjaga. Itulah kenapa percaya diri bisa meningkat.

Menjaga Tubuh Tetap Produktif
Hormon thyroid bisa terjaga dengan melakukan olahraga pagi. Dengan begitu ritme otak akan menjadi stabil pada saat jam biologis. Itulah kenapa produktivitas tubuh dalam bekerja bisa lancar.

Memperbaiki Kualitas Tidur
Tekanan darah karena olahraga akan menjadi lebih rendah jadi tidur bisa lebih nyenyak. Berguna juga untuk Anda yang punya penyakit insomnia.

Mencegah Diabetes
Orang yang punya penyakit ini bisa turun kadar glukosa dalam darahnya jika rutin olahraga.

Mencegah Stres
Jika Anda sibuk stress bisa mudah muncul karena tubuh merasa kurang rileks dan nyaman. Namun jika melakukan olahraga maka bisa terhindar dari itu semua.

Senantiasa Menjadi Semangat Setiap Hari
Semangat sangat diperlukan dalam keseharian supaya semua pekerjaan bisa berjalan lancar. Dengan olahraga lah energi dan mood bisa  lebih baik.

Itu dia 14 jawaban dari apa manfaat olahraga bagi kesehatan manusia. Maka mulai sekarang biasakan berolahraga secara rutin. Tidak perlu berat – berat, jalan kaki sekitar komplek pun sudah termasuk aktivitas olahraga.

0 Response to "13+ Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani"