Manfaat Tanaman Adem Ati Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Apakah anda tahu tanaman adem ati? Jika anda mengerti kedua kata tersebut, adem berarti sejuk sedangkan ati berarti hati. Jika digabungkan maka memiliki arti menyejukan hati. Mungkin dari sanalah pertama kali orang menamai tumbuhan tersebut karena manfaatnya bisa menyejukan hati hehehehe. Tanaman yang mudah kita jumpai disekitar rumah ini ternyata memiliki manfaat serta khasiat bagi kesehatan. Salah satu khasiatnya bisa menghilangkan rasa nyeri dan juga menambah nafsu makan. Ini karena dalam tanaman tersebut terutama bagian daunnya terkandung beberapa zat menguntungkan yang berperan langsung dalam hal pengobatan, kandungan daun adem ati tersebut diantaranya zat alkaloid, flavonoid, serta tanin yang memiliki sifat mendinginkan sekaligus antiradang. Lalu apa saja manfaat lain daun adem ati ini ?

Khasiat manfaat kegunaan tanaman tumbuhan pohon adem ati

Adem ati memiliki nama latin “Litsea chinensie Lamk.”. Dibeberapa daerah tumbuhan ini memiliki sebutan lain, seperti misalnya di Jawa orang – orang menyebutnya dengan wuru beling dan juga nyampu wingka, dan sebutan - sebutan lainnyalseperti huru tangkalak, madang kapas, sampai dengan huru batu. Bagi anda yang belum mengenal sama sekali tumbuhan tersebut, ciri –ciri tanaman adem ati ini yakni memiliki batang berkayu dengan banyak cabang. Daunnya berukuran cukup besar, berbentuk lonjong, dan berwarna hijau. Tulang daunnya memiliki tekstur yang kasar serta terlihat jelas, tangkainya pun berwarna kuning kecoklatan. Bunga adem ati berwarna putih dan mempunyai buah berbentuk bulat berwarna hijau sewaktu muda dan berwarna hitam ketika sudah masak. Akar tanaman adem ati ini berjenis tunggang sertasberwarna coklat muda. Cara budidaya tanaman adem ati bisa dengan 2 cara yaitu dengan biji ataupun melalui stek batang. Habitat tanaman adem ati yaitu tepi hutan, tepi sungai, semak-semak dan hutan sekunder dan primer yang memiliki ketinggian berkisar antara 500 sampai 1.900 m dari permukaan air laut.

Bagian tanaman adem ati yang memiliki khasiat sebagai obat ada pada bagian daun yang memiliki warna hijau pekat serta pada bagian akarnya. Anda dapat langsung menggunakan daun atau akar ini sebagai obat alami dengan menggunakan ramuan tradisional. Umumnya yang paling sering dilakukan yakni dengan  cara direbus untuk kemudian diambil airnya sebagai obat minum. Nah berikut ini adalah beberapa penyakit atau masalah kesehatan yang bisa diobati menggunakan daun adem ati.

Manfaat, Khasiat  Dan Kegunaan Tanaman Adem Ati 


Mengobati mencret dan radang usus
Untuk mengobati penyakit tersebut caranya dengan merebus 6 gram akar adem ati dan kunyit menggunakan air sebanyak 110 ml. Biarkan mendidih hingga airnya menjadi 100 ml, setelah dingin minum air tersebut sekaligus secara rutin 1 kali sehari. Untuk mengobati mencret pengobatan diulang selama 3 hari sedangkan untuk radang usus lakukan pengobatan yang sama selama 15 hari.


Obat diabetes
Caranya dengan merebus 5 gram akar adem ati dan 4 lembar daun salam menggunakan air sebanyak 250 ml. Biarkan mendidih hingga airnya menyusut menjadi 200 ml saja. Barulah setelah dingin saring air rebusan tersebut dan gunakan untuk minum 2 kali sehari pada pagi dan sore.  Setiap kali minum sebanyak 100 ml atau setara dengan setengah gelas.

Mengatasu Radang Kulit Bernanah, Radang Payud4ra, Luka, dan Bisul

Sediakan kulit kayu atau daun segar tanaman adem ati , daun sambiloto dan air bersih. Berapa takarannya ? secukupnya saja karena semua bahan tersebut akan ditumbuk halus menjadi seperti pasta / bubur. Oleskan pasta pada bagian anggota tubuh yang mengalami masalah – masalah diatas. Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebelum dibalurkan bersihkan dahulu bagian yang sakit dengan air hangat dan ulangi pengolesan setiap 3 jam sekali secara berturut - turut.

Selain mengatasi masalah kesehatan diatas, masih banyak sebenarnya manfaat daun adem ati ini yang jarang diketahui oleh kita semua. Tapi dengan mengetahui sedikitnya khasiat pengobatan diatas, mudah – mudahan kita lebih bisa menjaga dan mengembangbiakan tanaman obat tersebut, ya minimal dengan menanamnya dipekarangan rumah. Semoga bermanfaat !!!

0 Response to "Manfaat Tanaman Adem Ati Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya"