Manfaat Adas Manis Bagi Kesehatan, Ini Khasiat Obatnya !

Adas manis adalah salah satu tumbuhan rempah yang memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan serta telah lama digunakan sebagai bahan untuk mengobati beberapa penyakit secara alami. Ini karena dalam adas manis terkandung beberapa zat menguntungkan yang berperan langsung dalam hal pengobatan. Sama halnya seperti adas pulowaras yang pernah penulis ulas pada artikel sebelumnya.

Baca juga : Khasiat Dan Manfaat Adas Pulowaras Bagi Kesehatan

Adas manis memiliki nama latin “Foeniculum Vulgare Mill”,tumbuhan ini memiliki sebutan lain dibeberapa daerah. Misalnya saja di Pulau Aceh, orang – orang menamai adas manis ini dengan sebutan tanaman das pedas, Minangkabau dikenal dengan nama adeh, Gorontalo menyebutnya denggu-denggu, di Bugis dikenal dengan nama adas manise, di Sunda dikenal dengan nama hades, di Manado dikenal dengan nama paapang atau paampas, di Melayu dikenal dengan nama adas manis pedas, Madura dikenal dengan nama adhas sedangkan  di Pulau Jawa sendiri lebih dikenal dengan nama adas manis, adas manis londa atau adas manis landi. Meskipun berbeda sebutan, sebenarnya masih sama itu – itu juga, tanaman yang memiliki aroma khas serta harum berkat kandungan minyak astiri didalamnya, bahkan dibeberapa daerah tanaman ini dimanfaatkan sebagai bahan minuman dengan diolah menjadi minuman seduh layaknya teh karena wanginya tersebut.

Khasiat manfaat adas manis untuk kesehatan

Disebagian daerah lagi, adas manis ini digunakan sebagai bahan obat untuk meningkatkan nafsu makan, peluruh kentut, serta sebagai stimulant. Tentu dengan diolah terlebih dahulu menggunakan ramuan tradisional. Bagian tanaman adas manis yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan sering digunakan untuk bahan pengobatan herbal terletak pada bagian biji ataupun daun namun tidak menutup kemungkinan bagian batangnya. Lalu apa saja khasiat lainnya adas manis tersebut ? daripada penasaram langsung saja intip informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Dan Khasiat Adas Manis Untuk Kesehatan


Mengobati TBC
Manfaat pertama yakni bisa mengobati penyakit TBC. Ini karena dalam adas manis terkandung zat anisaldehida yang berkhasiat sebagai streptomycin, efektif dalam penyembuhan penyakit TBC.

Memperbesar Payud4r4
Adas manis dapat digunakan untuk memperbesar payud4ra secara alami. Adapun bagian yang digunakannya yaitu biji dari adas manis tersebut karena didalamnya terkandung zat yang dapaymemancing hormon estrogen yang bisa menahan berbagai cairan yang ada di payud4ra sehingga ukurannya dapat bertambah besar.


Mengobati Kencing Batu
Kencing batu adalah penyakit gangguan pada saluran kencing yang bisa menyebabkan penderitanya mengalami sakit saat buang air kecil. Dengan rutin mengkonsumsi adas manis maka secara perlahan bisa mengecilkan ukuran batu di dalam saluran kencing tersebut hingga akhirnya hilang.


Mengatasi Sembelit
Manfaat lainnya adas manis bisa digunakan untuk mengobati sembelit. Biji adas manis mengandung serat tinggi dan dapat digunakan sebagai pencahar untuk mengatasi sembelit yang diderita

Mengatasi Perut Kembung
Adas manis berkhasiat untuk mengobati perut yang kembung pada dewasa maupun anak – anak. Kandungan didalamnya mampu untuk mengurangi perut kembung dan membuang kelebihan gas didalam perut.

Baik Untuk Mata
Adas manis tinggi akan antioksidan yang mampu mengurangi gangguan degenarasi macula dan membantu melindungi mata dari peradangan. Selain itu adas manis juga mengandung Vitamin C dan asam amino seperti Arginine yang sangat bermanfaat bagi peremajaan jaringan dan pencegahan penuaan. Ada juga minyak esensial serta mineral, seperti kobalt dan magnesium yang bersifat pendetoks dan stimulant.  Jus dari daun dan bagian batang tanaman adas manis dapat digunakan untuk obat luar mata yang dapat mengurangi iritasi dan kelelahan mata. Adas manis juga merupakan sumber kaya flavonoid, yaitu yang sangat berguna untuk melindungi sel-sel pigmen dari kematian akibat radikal bebas. Dengan melindungi sel-sel pigmen ini dari kerusakan , adas manis diklasifikasikan efektif, baik, serta aman bagi kesehatan mata.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Dari hasil penelitian yang dilakukan, dalam satu gelas adas manis mengandung hampir 20% dari kebutuhan harian vitamin C  sehingga menjadikannya sumber vitamin C alternative selain dari buah – buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Seperti kita tahu vitamin C ini peranannya sangat penting. Selain mencegah sariawan,  fungsi lainnya yaitu untuk menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit , membentuk/mempebaiki jaringan kulit, pembentukan kolagen, dan juga bertindak sebagai antioksidan yang melindungi dinding pembuluh darah terhadap efek berbahaya radikal bebas salah satu penyebab kanker.

Meningkatkan Fungsi Otak
Kandungan kalium dalam adas manis terutama pada biji dan umbinya berperan dalam meningkatkan fungsi otak dalam hal ingatan serta menjaga aktivitas saraf agar bekerja pada fungsi yang optimal.

Mencegah Penyakit Kanker
Penelitian menemukan bahwa ekstrak biji adas manis dapat digunakan sebagai bahan yang dapat memberikan pencegahan dari berbagai jenis kanker, diantaranya payudara dan kanker hati. Tidak heran karena dalam adas manis terkandung flavonoid, alkaloid, serta fenol yang dapat menghambat pertumbuhan kanker

Mengatasi Anemia
Adas manis dapat juga digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti Anemia. Kandungan Zat Besi, histidin dan asam amino didalamnya mampu membantu mengobati anemia secara alami. Sedangkan zat besi adalah konstituen utama dari hemoglobin, histidin akan merangsang produksi hemoglobin,  dan juga membantu dalam pembentukan berbagai komponen lain dari darah.

Mencegah Penuaan Dini
Vitamin C dan asam amino yang terkandung dalam adas berkhasiat dalam mencegah penuaan dini dan juga mempercepat proses peremajaan kulit.

Mengatasi Mata Panda
Mata panda atau mata berkantung adalah kondisi dimana terdapat lingkaran berwarna hitam dibawah mata karena bengkak oleh berbagai faktor penyebab. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan adas manis dengan cara meminum jus daunnya atau bisa juga menempelkan tumbukan bijinya langsung ke bagian mata panda.

Memncegah Penyakit Jantung dan Stroke
Adas manis mampu untuk menjaga kadar kolesterol agar selalu normal atau stabil. Dengan demikian salah satu khasiatnya bisa menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit kronis akibat kolesterol seperti penyakit jantung dan juga stroke.

Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan
Manfaat adas manis yang terakhir yaitu dapat digunakan untuk mengatasi gangguan system pencernaan. Caranya dengan mengunyah bagian bijinya setiap selesai makan besar . Selain mengatasi gangguan pencernaan, dengan rutin mengunyah biji adas manis sebenarnya baik untuk lambung karena bisa merangsang sekresi dari asam lambung, mengurangi peradangan lambung, dan juga peradangan dalam usus.

Nah itulah beberapa khasiat dan manfaat adas manis untuk kesehatan, semoga informasinya bisa menambah pengetahuan kita semua. Akhir semoga bermanfaat !!!

0 Response to "Manfaat Adas Manis Bagi Kesehatan, Ini Khasiat Obatnya ! "