Manfaat Nyamuk Bagi Manusia Menurut Pandangan Islam

Nyamuk adalah salah satu binatang atau hewan yang pasti sering kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari. Binatang kecil ini sudah pasti dipandang sebagai serangga yang sangat mengganggu karena akibat gigitannya bisa menyebabkan kulit kita menjadi merah dan juga gatal - gatal. Terlebih jika nyamuk yang menggigitnya berjenis aedes aegypti yang dapat menyebabkan juga penyakit demam berdarah pada diri kita. Kita pun pastinya selalu berusaha mengusir serangga yang satu ini dengan berbagai cara, entah itu menggunakan obat nyamuk bakar, semprot, hingga menggunakan alat bantu penangkap nyamuk seperti raket elektrik. Lalu pernahkah anda berpikir manfaat Allah menciptakan nyamuk – nyamuk tersebut ? padahal yang kita rasakan  justru serangga ini tidak menuntungkan sama sekali yang ada malah merugikan manusia yang sama sebagai makhluk ciptaanNya!!!

Bukankah dalam sebuah ayat pun dijelaskan bahwa Allah menciptakan sesuatu tidaklah sia – sia, semua ada tujuan, diciptakan dengan penuh hikmah, dan dengan manfaat – manfaat yang dapat diambil oleh manusia yang beriman  dan juga berilmu, ya tak terkecuali dengan nyamuk ini. Hanya saja kita seringkali mengambil kesimpulan sendiri tanpa didasari dengan ilmu, akal, dan juga keimanan.

Keuntungan Manfaat Nyamuk Bagi Manusia dan Ekosistem

Memang jika melihat sekilas dalam pandangan sempit, ketika kita digigit nyamuk pasti akan merasa terganggu karena gatal – gatal dikulit. Namun coba lihat dalam  konteks luas, disaat manusia membutuhkan penangkal serangga kecil tersebut akhirnya tercipta juga sebuah ide oleh manusia untuk menciptakan berbagai penangkal dan pengusir nyamuk maupun obat gatalnya yang otomatis membuka lapangan kerja bagi manusia itu sendiri. Dilain sisi saat manusia digigit nyamuk terutama aedes aegypti maka manusia akan menjadi sakit demam berdarah, hal ini mengajarkan kepada kita semua agar tidak menjadi manusia yang sombong dan selalu mengingat sang penciptaNya karena ternyata sekuat dan sekaya apapun manusia pada akhirnya akan jatuh sakit juga hanya denga satu gigitan makhluk kecil ciptaan Allah SWT  ini. Nah ini baru sebagian kecil hikmah bagi yang mau berpikir jauh kesana, dan berikut ini beberapa keuntungan dan manfaat lain dari nyamuk yang perlu kita ketahui dilihat dari segi kesehatan dan kelimuan lain :
  • Larva nyamuk menghasilkan zat Nitrogen yg bermanfaat bagi ekosistem tanaman.M
  • Mengurangi populasi mikroorganisme dan bakteri terutama bakteri parasit yg terdapat pada air kotor.
  • Nyamuk dapat membantu proses penyerbukan tanaman coklatM
  • Membantu menyebarkan bakteri patogen
  • Sebagai rantai makanan spesies lain dalam ekosistem.  Contohnya kodok,cicak, bahkan sebagai makanan ikan yang sering kita makan
  • Memotivasi manusia untuk hidup bersih,membuat manusia menutup tempat penyimpanan air agar tidak terkotori.
  • Nyamuk dapat mendeteksi perubahan suhu hingga derajat yg sangat kecil serta menyedot darah yang berbau atau yg berbau kolesterol sehingga bisa menjadi indikator dini berbagai permasalahan kesehatan manusia
  • Nyamuk mampu menghisap darah kotor yg merugikan dalam tubuh manusia dan secara alami tubuh akan memproduksi kembali darah baru berikut hemoglobin yang berkurang.
  • Nyamuk dapat menusuk ujung-ujung saraf  yang ada dibagian bawah kulit sehingga secara tidak langsung menjadi sebuah terapi memicu kesehatan tubuh.e
  • Yang terakhir ini seperti yang telah disinggung diatas, dengan adanya nyamuk kini tercipta perusahaan-perusahaan raksasa yg memproduksi jenis-jenis obat nyamuk seperti obat nyamuk bakar,gel,lotion,semprot,elektronik,bahkan penangkal berupa pabrik yg memproduksi kelambu. Dengan begitu tercipta juga lapangan pekerjaan penghasil rezeki dan mampu mengurangi pengangguran jutaan orang melalui pabrik obat nyamuk,petugas-petugas penyemprot nyamuk,hingga dokter dan perawat  yang mengobati korban gigitan nyamuk.

Nah itulah beberapa hikmah dan manfaat nyamuk bagi manusia, semoga informasinya dapat menambah pengetahuan sekaligus menjadi bahan renungan bahwasannya Allah menciptakan sesuatu di Alam semesta ini bukan tanpa maksud dan tujuan melainkan ada sesuatu yang harus kita pikirkan dengan ilmu dan keimanan kepada sang Pencipta.

0 Response to "Manfaat Nyamuk Bagi Manusia Menurut Pandangan Islam"