Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan, Kecantikan & Cara Mengolah

Manfaat kayu manis - kayu manis adalah nama salah satu rempah – rempah dari kulit pohon yang biasanya digunakan untuk tambahan bumbu masakan tertentu, kue,  atau minuman agar memiliki aroma wangi. Umumnya tidak banyak yang tahu kalau kulit batang kayu manis ini memiliki manfaat untuk kesehatan yang khasiatnya bisa mengobati beberapa penyakit secara alami. Wajar saja karena biasanya kulit kayu manis berada didapur yang otomatis pengetahuan manfaat lain dibidang kesehatan sangat jarang diketahui.

Manfaat kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan


Kayu manis memiliki nama latin Cinnamomum verum, sebenarnya telah dari dulu kulit kayu manis ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat alami dan digunakan oleh para dokter dalam mengobati penyakit ringan seperti batuk, sakit tenggorokan, dan juga peradangan pada sendi.

Khasiat kayu manis untuk kesehatan dan cara mengolah jadi obat

Namun lain halnya dizaman modern sekarang ini, penggunaan kayu manis dibidang kesehatan sangat sedikit, orang lebih memilih pengobatan kimia yang dipercaya memberikan respon pengobatan yang lebih cepat. Alhasil sekarang pun kita mengenal kayu manis ini hanya sebagai nama salah satu bumbu masakan saja. Padahal banyak sekali manfaat tersembunyi dari kayu manis terutama bagi kesehatan kita semua yang sangat perlu kita ketahui. Lalu apa saja khasiat dari rempah rempah kayu manis tersebut ? berikut ini informasi selengkapnya untuk anda.


Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan


Baik untuk penderita diabetes
Kandungan antioksidan yang ada dalam kayu manis mampu untuk membantu mengontrol tingkat gula dalam darah. Kayu manis mampu memperbaiki respon insulin terutama pada penderita diabetes tipe 2. Berdasarkan penelitian, dalam 1 gram kayu manis efeknya bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk,  kolesterol total pada pasien diabetes, dan juga menurunkan resiko komplikasi penyakit jantung pada penderita diabetes.

Mengobati bisul atau borok
Kayu manis dapat juga digunakan sebagai obat alami untuk bisul borok. Kandungan senyawa anti infeksi  didalamnya efektif menghilangkan H. pylori yang merupakan bakteri penyebab borok, bisul dan patogen lainnya.

Mengobati sakit perut
Jika anda mengalami sakit perut cobalah menggunakan kayu manis ini. Caranya dengan meminum seduhan kayu manis yang dicampur madu. Selain mengobati sakit perut, air seduhan kayu manis ini efektif dalam membersihkan perut.

Menghilangkan bau mulut
Bau mulut sungguh sangat mengganggu dan menimbulkan rasa kurang percaya diri ketika bercengkrama dengan orang lain. Anda bisa mengatasinya cukup dengan rutin meminum seduhan 1 sendok bubuk kayu manis yang dicampur 1 sendok madu. Minum setiap pagi pada saat air seduhan masih hangat, ini akan membuat mulut kita selalu segar seharian dan tentunya menghilangkan mau mulut dengan seketika.

Mengatasi kembung
Kayu manis mampu untuk mengurangi gas dalam perut sehingga bisa digunakan juga sebagai obat alternative mengatasi perut kembung dan masuk angin

Pengobatan kanker tulang dan perut
Berdasarkan penelitian di University of Texas yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, kayu manis mampu mengurangi proliferasi sel kanker dan untuk pencegahan kanker seperti kanker tulang dan perut. Hasilnya dengan mengkonsumsi 1 sendok madu dan 1 sendok bubuk kayu manis setiap hari selama sebulan dapat mengatasi kedua jenis kanker tersebut.

Baik untuk otak
Kayu manis juga sangat baik untuk otak terutama aromanya saat kita menghirupnya. Ini dipercaya mampu meningkatkan aktivitas otak dan proses kognitif serta membantu meningkatkan konsentrasi atau ingatan.

Mengobati flu
Kalau yang ini sudah tidak asing lagi karena orang – orang China pun menggunakan ramuan tradisional dari kayu manis ini untuk mengobati demam dan flu. Hal ini karena dalam kayu manis tersebut terkandung salah satu zat yang mampu membuat tubuh lebih hangat dan nyama

Mengobati jerawat
Ini salah satu manfaat kayu manis untuk kecantikan, kayu manis juga bahan alami yang dapat digunakan untuk mengetasi jerawat dikulit wajah ataupun bagian kulit lainnya sama halnya seperti manfaat teh untuk jerawat. Jika anda mengalami jerawat yang membandel dan tak kunjung hilang cobalah menggunakan kayu manis ini. Caranya cukup dengan mencampurkan 1 sendok bubuk kayu manis dengan 3 sendok madu, oleskan campuran kedua bahan tersebut pada kulit yang berjerawat, lakukan sebelum tidur dan biarkan mengering semalaman. Barulah dipagi harinya anda basuh wajah dengan air hangat. Lakukan secara rutin sampai jerawat benar – benar hilang.

Mengobati sakit gigi
Cara mengobati sakit gigi dengan kayu manis yakni dengan mengoleskan campuran 1 sendok bubuk kayu manis dengan 5 sendok madu pada gigi yang mengalami sakit. Untuk jenis gigi berlubang anda dapat menggunakan biji alpukat

Mengatasi radang sendi
Radang sendi dapat menyebabkan sakit dan kekakuan pada penderitanya, selain itu kondisinya akan semakin memburuk seiring bertambahnya usia jika tidak segera diobati. Jika anda mengalaminua cobalah untuk rutin mengkonsumsi seduhan 1 sendok bubuk kayu manis dan 2 sendok madu. Minum selagi hangat, ini mampu mengatasi radang sendi bahkan yang sudah kronis sekalipun.

Mengatasi rambut rontok
Kayu manis adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk perawatan rambut rontok, namun dicampurkan dengan bahan lain seperti minyak zaitun dan juga madu. Dioleskan pada bagian kulit kepala secara rata seperti halnya minyak kemiri yang khasiatnya untuk menumbuhkan kembali rambut dan membuatnya lebat.

Mengencerkan darah
Salah satu kandungan yang terdapat dalam kayu manis yakni Cinnamaldehyde, senyawa ini dipercaya bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah.  Seperti yang dilansir  whfoods.com, kayu manis mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic yang fungsinya mengurangi radang serta penggumpalan darah.


Mengatasi keluhan haid
Kayu manis mampu untuk menyeimbangkan hormon reproduksi sehingga bisa mengatasi keluhan haid seperti yang umum dirasakan oleh kaum wanita.Selain itu bagian batang kayu manis sendiri dapat juga digunakan memperlancar siklus haid serta mempercepat peluruhan.

Manfaat kayu manis untuk kesehatan lainnya :

  • Mengobati sakit kepala
  • Menenangkan pikiran
  • Mengurangi rasa mual dan muntah
  • Menurunkan berat badan
  • Menyembuhkan penyakit maag
  • Mengurangi resiko kanker usus
  • Mengobati asam urat
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengobati TBC
  • Anti mikroba


Nah itulah beberapa manfaat dan khasiat kayu manis untuk kesehatan kita semua. Apakah anda masih berpikir menggunakan kayu manis ini alakadarnya hanya sebagai bumbu masakan saja? tentu tidak bukan, apalagi jika telah mengetahui manfaat lainnya dibidang kesehatan yang khasiatnya mengobati berbagai macam masalah kesehatan. Akhir kata semoga informasi yang kami bagikan ini bisa bermanfaat !!!

0 Response to "Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan, Kecantikan & Cara Mengolah"