Manfaat Daun Alfalfa Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Alami

Alfalfa adalah tanaman liar yang biasanya dimanfaatkan untuk pakan ternak seperti sapi atau kuda dan tumbuh bebas dibelantara hutan. Sebagian dari kita mungkin masih asing mendengarnya serta tidak tahu bentuk dan ciri – ciri tanaman alfalfa tersebut. Ya wajar saja karena masyarakat pun jarang yang mengembangbiakan tumbuhan tersebut. Padahal orang Cina disana sudah lama menggunakan tanaman alfalfa ini sebagai bahan untuk membuat ramuan herbal tradisional yang khasiatnya bisa mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan. Khasiat tanaman alfalfa yang pernah saya baca dibuku tanaman herbal diantaranya bisa menambah nafsu makan, menurunkan kolesterol, mengatasi sembelit, menghilangkan jerawat, melancarkan aliran darah, hingga mengatasi gangguan prostat.

Alfalfa memiliki nama latin “Medigo sativa L”, kalau orang Jawa sendiri menyebutnya daun krokor. Tumbuhan ini termasuk keluarga kacang – kacangan yang dapat tumbuh dengan tinggi bisa mencapai 1 meter.  Alfalfa memiliki bunga berwarna ungu serta ukurannya kecil, akarnya sangat panjang bisa mencapai 4,5 menembus bawah tanah sehingga tanaman ini sangat tahan dalam kondisi kekeringan karena dapat beradaptasi dengan tetap bisa mencari dan menyerap mineral dari bawah tanah yang tidak biasa ditemukan dibagian atas tanah.

Khsiat Manfaat Daun Alfalfa Bagi Kesehatan

Tanaman alfalfa sangat bermanfaat bagi kesehatan karena didalamnya terkandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti Vitamin C, Vitamin B komplek, Vitamin K, protein, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, serta mineral – mineral penting lainnya. Selain itu, tanaman alfalfa juga mengandung beberapa zat menguntungkan yang berperan dalam hal pengobatan dan penyembuhan beberapa penyakit tertentu. Sebut saja misalnya kandungan zat glikosida yang fungsinya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta zat phyto estrogen yang berkhasiat meningkatkan hormon estrogen, ini sangat baik untuk wanita yang menjelang haid.

Bagian tanaman alfalfa yang bisa digunakan sebagai obat ada pada daun, anda bisa mengolahnya dengan menggunakan ramuan tradisional. Cara yang paling umum dilakukan yaitu dengan direbus lalu diambil airnya untuk diminum. Namun jika anda tidak mau ribet tinggal beli saja ekstraknya dalam bentuk kapsul yang sekarang ini telah banyak dijual diapotek atau toko jamu. Lalu apa saja manfaat daun alfalfa ini ? berikut ini informasi lengkapnya untuk anda.

Manfaat Daun Alfalfa


Obat gigitan serangga
Daun alfalfa dapat digunakan untuk mengobati mengobati gigitan serangga dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit yang sakit. Tentu saja daun alfalfa tersebut harus di hancurkan terlebih dahulu dengan cara ditumbuk agar bisa dioleskan.


Mencegah penyakit kanker
Asam amino atau canavanine yang terkandung dalam daun alfalfa memiliki khasiat dalam pencegahan penyakit kanker. Selain itu asam amino tersebut juga membantu mengikat karsinogen yang terdapat dalam usus besar.

Mengatasi berbagai keluhan kehamilan
Umumnya wanita yang sedang hamil akan mengalami beberapa keluhan yang dirasakan seperti mual dipagi hari, sakit perut bagian bawah terasa mulas, sembelit, hingga anemia. Manfaat daun alfalfa yang telah diolah yakni diekstrak menjadi bentuk tablet dipercaya berkhasiat untuk mengatasi dan meringankan berbagai keluhan tersebut.

Baik untuk pencernaan
Daun alfalfa dapat memperlancar sistem pencernaan serta dapat mengobati masalah sisitem pencernaan seperti maag, gastritis, mual, serta gangguan pencernaan lainnya. Minum rebusan daun alfalfa dengan menambahkan mint teh kedalam rebusan daun alfalfa maka dapat mengobati serta memperlancar sistem pencernaan.

Tinggi antioksidan
Kandungan antioksidan dalam daun alfalfa mampu untuk mencegah radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu penyakit kanker

Mencegah penyakit jantung dan stroke
Dalam daun alfalfa terkandung zat saponin yang berkhasiat mencegah pengumpulan kolesterol di dalam dan disekitar dinding arteri sehingga mampu mengurangi penyakit jantung serta stroke. Inilah sebabnya daun alfalfa juga memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Meningkatkan produksi ASI
Kandungan zat fiostrogen yang ada dalam daun alfalfa mampu memperlancar serta meningkatkan produksi AS sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Mengkonsumsinya bisa dengan dibuat sayur bening atau hanya dikukus sebagai lalapan biasa.

Membersihkan racun dalam tubuh
Dizaman sekarang ini hampir semua makanan dan jajanan instan sudah ada bahan kimia didalamnya seperti pengawet, pewarna, dan pemanis buatan. Jika kita sering mengkonsumsinya maka lambat laun zat kimia akan tersebut akan menjadi racun dalam tubuh yang dapat mengganggu kesehatan dan menimbulkan penyakit. Salah satu bahan alami untuk membersihkan racun dalam tubuh yakni daun alfalfa. Sifat detoksifikasi yang dimiliki oleh daun alfalfa akan membantu membersihkan racun berbahaya  dalam tubuh.

Baik untuk penderita Diabetes
Daun alfalfa juga bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Herbal dari tanaman ini pun sering direkomendasikan untuk penderita diabetes khususnya bagi mereka yang tidak merespon insulin.

Itulah beberapa manfaat daun alfalfa yang sangat perlu untuk kita ketahui. Selain masalah  - masalah kesehatan diatas, daun alfalfa juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit asma dan penyakit pernapasan lainnya. Sifat diuretiknya berkhasiat menghilangkan retensi air dalam tubuh sehingga mencegah edema.

0 Response to "Manfaat Daun Alfalfa Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Alami"