Manfaat Kecoa Bagi Manusia, Lingkungan, dan Kesehatan

Mungkin bagi kebanyakan orang manfaat kecoa ini tidak begitu dicari karena seperti kita tahu serangga tersebut adalah salah satu binatang / hewan yang menjijikan, hidup ditempat kotor  serta bisa mendatangkan bibit penyakit sama halnya seperti lalat. Ketika mendengar kata kecoa, yang ada dalam pikiran kita yaitu bagaimana cara mengusirnya karena sudah jelas - jelas serangga tersebut mengganggu, merugikan dan tidak ada gunanya. Namun tentu saja beberapa pembaca disini ya termasuk anda sendiri ada yang penasaran serta ingin tahu akan manfaat binatang tersebut, apa saja sih kegunaan kecoa ini bagi manusia dan perannya bagi lingkungan ? maka dari itu intipmanfaat ingin memberikan sedikit ulasannya disini sebagai penambah pengetahuan jika kecoa juga memiliki manfaat hanya saja kita jarang sekali mengetahuinya karena minimnya pengetahuan.

khasiat fungsi kegunaan manfaat kecoa bagi manusia lingkungan kesehatan pengobatan

Kecoa, pasti semua orang sering menemuinya terutama didalam rumah dan tempat kotor, serangga ini sering merayap – rayap untuk mencari dan hidup ditempat – tempat lembab. Yang menjijikan itu ketika serangga ini juga merayapi makanan dan minuman yang akan kita konsumsi, belum lagi kotorannya yang sering berceceran ditembok dan baunya yang sungguh tidak sedap. Saat kita ingin mengusir kecoa ini jangan sampai membunuhnya dengan cara menghancurkannya langsung dengan anggota tubuh seperti dipencet atau diinjak kemudian terkena kulit. Karena menurut info, dalam perut kecoa terdapat parasit atau cacing yang bisa menempel dan masuk kedalam kulit kita. Membunuhnya cukup dengan menyemprotkan pestisida atau menggunakan kapur ajaib saja.

Tapi meskipun menjijikan, ternyata kecoa memiliki juga manfaat bagi manusia dan lingkungan. Apa sajakah itu ? berikut ini informasinya untuk anda

Manfaat Kecoa


Penyumbang Nitrogen
Kecoa memiliki kegemaran memakan sisa – sisa makanan / sampah organic yang memiliki banyak nitrogen. Kandungan nitrogen yang masuk kedalam tubuh kecoa kemudian akan dilepaskan kembali ke tanah dan digunakan untuk menyuburkan tanah sebagai penunjang tumbuh kembang tanaman.

Berperan dalam rantai makanan
Kecoa salah satu serangga yang menjadi makanan spesies lainnya seperti tikus dan burung. Ini artinya berperan penting dalam rantai makanan sebagai kelangsungan hidup hewan lainnya agar tidak terganggu. Kecoa juga bisa menjadi pemangsa serangga lain yang menguntungkan manusia, contohnya dinegara lain ada salah satu jenis kecoa yang secara tidak langsung membantu para petani kapas karena mampu memakan hama tanpa membahayakan tanaman kapas itu sendiri.

Digunakan dalam bidang kesehatan
Dalam bidang kesehatan kecoa digunakan sebagai hewan percobaan untuk mengetes ketepatan dosis suatu obat serangga. Selain itu, para ahli pun telah mengidentifikasi 9 molekul berbeda dalam jaringan kecoa yang fungsinya sebagai racun terhadap bakteri. Jaringan  otak dan system syaraf kecoa ternyata telah terbukti ampuh membunuh lebih dari 90% bakteri MRSA dan E.coli tanpa merusak dan mematikan sel manusia. Ini menunjukan bahwa manfaat kecoa bisa juga untuk pengobatan dimasa yang akan datang.

Untuk pakan hewan peliharaan
Kecoa dapat digunakan juga untuk pakan berbagai jenis hewan ternak seperti ikan lele, ikan arwana, ikan louhan, ayam, dan burung jenis tertentu. Sama seperti jangkrik, kecoa juga mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan hewan- hewan tersebut.

Nah itulah beberapa manfaat kecoak bagi manusia, lingkungan dan kesehatan. Semoga informasi yang kami bagikan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

0 Response to "Manfaat Kecoa Bagi Manusia, Lingkungan, dan Kesehatan"