Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Obat Kencing Batu

Intip Manfaat – Kumis kucing adalah tanaman yang biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias di halaman rumah karena bentuk bunganya yang unik mirip sekali dengan bentuk kumis dari kucing. Namun bagi sebagian orang, menanam kumis kucing bukan hanya untuk fungsi estetika saja, melainkan lebih dimanfaatkan sebagai bahan ramuan tradisional dalam mengobati penyakit secara alami. Karena konon tumbuhan kumis kucing memiliki beragam manfaat bagi kesehatan yang salah satunya berkhasiat untuk mengobati penyakit kencing batu, dalam hal ini bisa batu ginjal ataupun batu kandung kemih.

Ya kumis kucing memang sudah dari dulu digunakan sebagai obat kencing batu . Didaerah saya pun cara pengobatan dengan tanaman ini sudah sering dilakukan serta turun temurun. Sudah banyak juga yang merasakan khasiatnya hingga penderita benar – benar sembuh, ya meskipun secara perlahan. Adapun yang diolahnya untuk jadi obat adalah bagian daun.

Baca juga : Manfaat Daun Alpukat Untuk Batu Ginjal Dan Sakit Pinggang

Khasiat Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Obat Kencing Batu Ginjal

Dari hasil penelitian yang ahli dibidangnya, daun kumis kucing ini memiliki sifat antiradang dan dapat memperlancar air seni. Kandungan ortosifonin dan garam kalium pada daunnya merupakan komponen utama yang membantu larutnya asam urat, fosfat dan oksalat dalam tubuh manusia, terutama dalam kandungan kemih, empedu maupun ginjal. Kandungan saponin dan tanin yang terdapat pada daunnya juga bisa mengobati keputihan, serta tentunya dapat mengatasi penderita penyakit kencing batu (batu ginjal atau batu kendung kemih)

Cara mengolah daun kumis kucing untuk obat kencing batu sangat mudah dan sederhana, adapun langkah – langkahnya adalah sebagai berikut.
  • Anda sediakan sebanyak 20 lembar daun kumis kucing yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih 
  • Tumbuk daun sampai halus, tuangkan setengah gelas air panas. Aduk hingga rata lalu biarkan dingin 
  • Setelah dingin, saring airnya kedalam gelas 


Cara pemakaian :
  • Minumlah air perasan tersebut secara teratur pada pagi hari 
  • Bila anda tidak tahan dengan baunya, alternatif cara diatas bisa juga dengan cara direbus

Demikianlah manfaat daun kumis kucing untuk obat kencing batu, semoga informasi bisa menambah wawasan anda khususnya dalam bidang tanaman herbal Indonesia.

0 Response to "Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Obat Kencing Batu "