Manfaat Tanaman Kuping Gajah Bagi Kesehatan Ini Khasiat Pengobatannya

Intip Manfaat – Kuping gajah adalah salah satu dari sekian banyaknya tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias dipekarangan rumah seperti taman ataupun dalam sebuah pot diteras – teras rumah. Daunnya yang unik dengan bentuk seperti telinga gajah serta memiliki motif, untuk jenis tertentu ada juga yang memiliki bunga dengan warna merah dan putih yang mencolok bertolak belakang dengan warna daunnya yang sedikit agak gelap. Semua itu menjadi daya tarik bagi mereka khususnya yang suka mengoleksi tanaman hias. Tapi tahukah anda ? selain memiliki fungsi dan kegunaan untuk hal estetika dihalaman, dalam bidang kesehatan pun tanaman kuping gajah juga ternyata sama memiliki manfaat. Lalu apa manfaat kuping gajah bagi kesehatan? yuk cari tahu informasinya disini.

Khasiat Manfaat Tanaman Kuping Gajah Bagi Kesehatan


Kuping gajah atau dengan nama latin ”anthurium Andreanum “ memiliki manfaat bagi kesehatan. Khasiat tersembunyi didalamnya mampu mencegah maupun mengobati bebarapa penyakit secara alami. Ini karena dalam tanaman tersebut terutama pada bagian daun dan batang terkandung sejumlah zat yang mampu berperan dalam hal pengobatan. Sebut saja missal saponin, flavonoida, dan tanin yang semua itu memiliki sifat antiradang dan juga antibakteri.

Khasiat Manfaat Daun Bunga Tanaman Kuping Gajah Bagi Kesehatan


Kuping gajah memang belum sefamiliar tanaman herbal lainnya dalam hal pengobatan herbal, ini karena butuh penelitian lebih lanjut akan kandungan lain didalamnya serta efeknya bagi tubuh. Tapi dibeberapa daerah tumbuhan ini justru telah dipercaya dan sudah digunakan dalam mengobati bengkak pada organ mulut dan tenggorokan. Caranya cukup mudah dan sederhana, anda cukup sediakan daun kuping gajah kurang lebih sebanyak 10 gram yang telah dicuci bersih. Kemudian rebus daun tersebut menggunakan 1 gelas air dan biarkan selama 15 menit. Setelah beres lalu dinginkan dan saring air rebusan tersebut untuk diminum sekali habis.

Selain untuk mengobati bengkak, berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari tumbuhan kuping gajah yang kami himpun, khususnya yang berguna bagi kesehatan.
  • Mempercepat penuaan bisul 
  • Mengatasi beberapa jenis penyakit kulit 
  • Mempercepat penuaan bisul agar cepat kempis 
  • Mencegah infeksi akibat kuman dan bakteri 
Demikian ulasan mengenai tanaman kuping gajah dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita dalam bidang tanaman obat herbal Indonesia.

0 Response to "Manfaat Tanaman Kuping Gajah Bagi Kesehatan Ini Khasiat Pengobatannya"