Manfaat Kedelai Untuk Obat Sakit Ginjal Dan Cara Mengolahnya

Intip Manfaat - Kacang kedelai tidak hanya digunakan sebagai bahan dasar makanan dan minuman seperti  tahu dan susu kedelai, dalam dunia kesehatan pun kedelai digunakan sebagai bahan dasar pengobatan tradisional karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Salah satu khasiat yang terkandung didalamnya yaitu dapat mengatasi sakit ginjal.

Sakit ginjal disini bukan berarti gagal ginjal, tapi lebih kepada gejala akibat gangguan dari organ ginjal itu sendiri ataupun organ yang berhubungan langsung dengan ginjal, contohnya seperti batu ginjal, radang ginjal,  serta infeksi saluran kencing atau disingkat ISK. Jika organ ginjal terganggu karena ISK ini maka penderita akan mengalami gejala seperti sakit di area pinggang bagian belakang, susah  atau merasakan sakit saat buang air kecil, hingga air kencing yang berubah warna menjadi kemerahan atau bahkan disertai darah. Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi, ini juga sama beresiko mengalami gejala gagal ginjal.

Penderita sakit ginjal biasanya disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi karena akan memperberat kerja organ ginjal, berbeda halnya dengan protein pada kedelai yang justru ahli gizi pun menyarankan untuk lebih banyak mengkonsumsinya daripada protein lainnya. Adapun manfaat kedelai bagi penderita sakit ginjal karena adanya kandungan didalamnya yang mampu mengatur filtrasi ginjal sehingga dapat bekerja secara normal

Khasiat Manfaat Kedelai Untuk Penderita Sakit Ginjal Dan Cara Mengolahnya Jadi Obat

Selain itu kedelai juga kaya akan akan nutrisi penting lainnya bagi tubuh, diantaranya  ada protein nabati, zat besi, kalsium, Vitamin A B B1 B2 B12 yang berperan dalam pembentukan sel – sel darah merah. Ada juga  lesitin yang mengandung lemak tak jenuh linoleat, oleat, dan arakhidrat yang berfungsi sebagai pencegah penumpukan lemah berlebihan dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi merangsang metabolisme dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Cara mengolah kedelai untuk penderita sakit ginjal


  • Sediakan 3 sendok makan kacang kedelai yang sebelumnya telah dicuci bersih
  • Rebus kedelai menggunakan 3 gelas air bersih hingga mendidih. Biarkan menyusust hingga airnya hanya tinggal kurang lebih jadi 1 gelas.
  • Cara mengkonsumsinya yaitu minum air rebusan tersebut dalam kondisi hangat suam kuku pada pagi haru setelah bangun tidur

Itulah cara mengolah kedelai untuk obat sakit ginjal, sangat mudah dan sederhana bukan. Selain jadi obat, rebusan tersebut sebenarnya sangat sehat untuk dikonsumsi rutin karena manfaatnya sama saja saat kita mengkonsumsi olahan kedelai. Pengobatan tradisional inipun bisa jadi tonik ginjal secara umum namun manfaatnya tentu tidak langsung begitu saja terasa.

0 Response to "Manfaat Kedelai Untuk Obat Sakit Ginjal Dan Cara Mengolahnya "