Manfaat Pacar Air Untuk Kesehatan Ini Bagiannya Yang Jadi Obat

Intip Manfaat – Tanaman pacar air merupakan salah satu dari sekian banyaknya tanaman hias yang banyak ditanam di halaman rumah. Pasalnya tumbuhan ini memiliki bunga yang indah dengan warnanya yang mencolok dipadukan dengan daunnya yang hijau segar. Warnanya pun beragam ada merah, putih, merah muda (pink) merah tua, ungu, dan juga kuning. Namun yang paling sering saya temui yaitu warna merah dan juga putih. Tanaman ini pun sangat mudah dikembangbiakan, dengan menabur bijinya langsung ditanah dan tidak perlu perawatan khusus maka tumbuhan ini pun akan tumbuh subur apalagi jika jenis tanahnya agak lembab. Selain untuk mempercantik halaman rumah, bunga pacar air pun seringkali digunakan untuk mewarnai kuku, bisa dibilang sebagai kutek alami. Kita hanya cukup menghancurkan bunganya dengan kedua jari, lalu tempelkan pada kuku dan tunggu beberapa saat. Setelah itu warna kuku pun akan berubah sesuai dengan warna bunga pacar air yang kita tempelkan. Tapi tahukah anda ? ternyata selain memiliki fungsi dan kegunaan untuk itu, pacar air juga menyimpan beberapa manfaat kesehatan yang jarang kita ketahui, salah satu khasiatnya yaitu sebagai obat haid, obat bisul, dan obat cantengan.

Semua manfaat kesehatan tersebut karena dalam pacar air terkandung zat yang berperan dalam hal pengobatan, misalnya pada bagian bunga terkandung anthocynanin, cynidin, delphinidin, pelargonidin, malvidun, kaempherol, dan quercetin. Sedangkan pada bagian akar terkandung monoglycosine selain cynidin yang sama terdapat juga pada bunga. Adapun bagian tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat yaitu dari mulai daun, bunga, akar, hingga biji. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat dari masing masing bagian tanaman pacar air.

Bunga
Peluruh haid, tekanan darah tinggi, bengkak memar, bisul, rematik, gigitan ular, dan radang kulit

Daun
Nyeri haid, bisul, keputihan, radang usus buntu, antiradang, penghilang rasa nyeri, Patah atau retak tulang, serta radang kulit dan kuku

Biji
Kanker saluran pencernaan bagian atas, terlambat haid, mempermudah proses persalinan, peluruh haid

Akar
Peluruh haid, rematik, kaku dileher atau pinggang, bersifat antiinflamasi

Khasiat Manfaat Pacar Air Untuk Kesehatan Salah Satunya Obat Haid Obat Bisul Dan Cantengan

Cara pengolahan pacar air untuk jadi obat herbal.


Bisul dan radang kulit
  • Sediakan 15 gram daun pacar air dan 5 lembar daun cocor bebek 
  • Haluskan kedua daun tersebut dan campurkan dengan cara ditumbuk 
  • Gunakan ramuan tersebut untuk ditempelkan pada bisul 

Nyeri haid
  • Sediakan 10 gram daun pacar air, 15 gram umbi rumput teki, 15 gram temu hitam 
  • Rebus semua bahan tersebut menjadi satu dengan menggunakan air secukupnya 
  • Setelah dingin saring airnya untuk diminum 

Keputihan
  • Sediakan 30 gram daun pacar air yang masih segar 
  • Rebus daun tersebut dengan menggunakan 600 cc air dan biarkan hingga menyusut manjadi setengahnya yaitu 300 cc 
  • Setelah dingin saring untuk diminum 

Nah itulah beberapa manfaat pacar air untuk kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi resep pengobatan herbal selain 3 penyakit diatas dengan menggunakan tanaman pacar air, entah itu hanya menggunakan tanaman tersebut atau dipadukan dengan tumbuhan herbal lainnya. Akhir kata semoga informasinya bisa menambah wawasan kita dalam bidang tanaman herbal Indonesia.

0 Response to "Manfaat Pacar Air Untuk Kesehatan Ini Bagiannya Yang Jadi Obat"