Manfaat Serai Mengusir Nyamuk Berikut Cara Membuatnya

Intip Manfaat - serai atau orang sunda menyebutnya sereh adalah tanaman yang dimanfaatkan batang bagian bawah sampai umbinya untuk dijadikan salah satu bumbu dari masakan tertentu, Dengan menambahkan serai masakan pun akan menghasilkan aroma khas yang lebih wangi serta jika menu masakannya berbahan dasar daging, maka akan menghilangkan juga bau amis didalamnya. Oke kita kesampingkan dulu topik untuk dunia kuliner!

Berbicara tanaman ini, ternyata dalam dunia kesehatan pun serai memiliki khasiat dan manfaat salah satunya untuk lingkungan rumah yakni sebagai pengusir nyamuk. Wah emang bisa ? kalau secara teori sih menurut saya bisa dan ini penjelasan singkatnya.

Dalam tanaman serai ini menurut penelitian terkandung minyak atsiri yang cukup besar. Adapun minyak atsiri ini terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lainnya yaitu geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol. Nah minyak astiri ini lah yang paling berperan penting didalamnya dimana aroma dari minyak ini sangat tidak disukai oleh nyamuk,

khasiat manfaat serai mengusir nyamuk cara membuat mengolah

Sehingga pantas jika serai atau sereh telah lama dipercaya serta dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk yang alami karena adanya aroma minyak astiri tersebut. Cara membuat obat nyamuk dari serai ini pun sangatlah mudah yaitu sebagai berikut :
  • Sediakan beberapa batang sereh 
  • Potong iris tipis batang sereh tersebut secukupnya 
  • Taruh irisan batang sereh pada wadah 
  • Terakhir letakan wadah berisi irisan sereh tersebut ditempat yang kira – kira banyak dihinggapi nyamuk. 

Cara ini telah terbukti ampuh dan efektif mengusir nyamuk meskipun secara perlahan. Akhir kata semoga informasinya bisa bermanfaat !!!

0 Response to "Manfaat Serai Mengusir Nyamuk Berikut Cara Membuatnya"