Manfaat Kulit Manggis Kering Dan Cara Pengolahannya Jadi Obat

Intip Manfaat - Pemanfaatan suatu tanaman sebagai bahan dasar obat herbal sangatlah beragam, ada yang mengunakan daunnya, batang, akar, biji, hingga kulit buahnya, tak terkecuali pada kulit buah manggis yang konon memiliki banyak manfaat serta khasiat bagi kesehatan khususnya mengobati beberapa macam penyakit.

Mungkin saat ini anda pun sudah tidak asing lagi akan manfaat kulit manggis karena sudah sering melihat iklan di televisi, media sosial seperti facebook dan istagram, radio, atau bahkan brosur dari salah satu produk herbal terkenal asli Indonesia yang menggunakan ekstrak kulit manggis.

Ya memang benar, kulit buah manggis ternyata sudah sejak lama digunakan sebagai bahan dasar pengobatan alami jauh sebelum ada produk - produk herbal yang sekarang ini banyak dijual. Tidak heran karena menurut informasi yang saya baca dari buku tanaman obat, dalam kulit buah manggis sendiri tersimpan banyak kandungan bermanfaat yang berkhasiat langsung dalam mengobati beberapa macam penyakit.

Khasiat Manfaat Kulit Manggis Kering Dan Cara Pengolahannya Jadi Obat


Tentu saja kulit manggis tersebut diolah terlebih dahulu tidak langsung dikonsumsi begitu saja karena kita tahu kulit buah manggis ini rasanya sangatlah pahit. Cara mengolah kulit manggis untuk jadi obat bisa dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan cara direbus atau digodok langsung lalu diminum airnya, dibuat jus, dibikin wedang, diektrstak seperti yang ada di iklan - iklan, atau yang paling banyak dilakukan di tempat saya yaitu dengan cara diseduh layaknya teh.

Untuk yang diseduh, caranya sangat mudah. Anda tinggal mengeringkan terlebih dahulu kulit manggis tersebut dengan cara dijemur dibawah sinar matahari. Setelah kering , barulah anda seduh menggunakan air panas, diamkan dan minum selagi hangat. Jika anda tidak kuat dengan rasanya, bisa juga dengan menambahkan madu. Dan dibawah adalah beberapa khasiat serta manfaat seduhan kulit manggis kering tersebut.
  • Menormalkan kadar gula darah 
  • Membantu mengatasi gangguan haid 
  • mencegah dan mengobati kanker 
  • mencegah penyakit jantung 
  • meningkatkan sistem imun 
  • Mencegah dan mengobati diare 
Dari banyaknya cara mengolah kulit manggis, pada intinya tetap sama, yaitu untuk mendapatkan manfaat sehat dalam mencegah maupun mengobati penyakit secara alami. Akhir kata semoga informasinya bermanfaat !

0 Response to "Manfaat Kulit Manggis Kering Dan Cara Pengolahannya Jadi Obat"